PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 BATANGTORU
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok HukumNewton di kelas X semester I SMA Negeri 1 Batangtoru T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan disain two group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 1 Batangtoru terdiri dari 6 kelas. Sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling mengambil 2 kelas dari 6 kelas, yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 kelas kontrol masing-masing berjumlah 39 orang. Instrumen digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi. Tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 5 option yang telah divalidasikan. Uji Hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 43,93 dengan standar deviasi 13,13 dan kelas kontrol adalah 48,53dengan standar deviasi 13,01. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 76,41dengan standar deviasi 9,5 dan kelas kontrol 62,1dengan standar deviasi 11,2. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan yang positif. Pada pertemuan I rata-rata aktivitas siswa sebesar 62,88, pertemuan II =72,28, pertemuan ke III =74,72. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel = 5,9>1,67, sehingga Ho di tolak Ha diterima dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 1 Batangtoru T.P. 2013/2014.
Kata kunci: Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together), Hasil Belajar, Aktivitas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i2.5142
Article Metrics
Abstract view : 259 timesPDF - 252 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.