PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI I TANJUNG MORAWA T.P. 2014/2015
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuan di kelas X semester I SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Negeri 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 6 kelas berjumlah 210 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X – IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X – IPA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda yang terlebih dahulu divalidkan oleh tiga validator. Data awal penelitian diperoleh nilai rata – rata pretes kelas eksperimen adalah 26,67 dan nilai rata – rata kelas kontrol adalah 27. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diberikan postes sehingga diperoleh nilai rata – rata kelas eksperimen 60 dan kelas kontrol 55. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 1,739 sedangkan ttabel = 1,671, dimana thitung > ttabel (1,739>1,671). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuan di kelas X semester 1 Tanjung Morawa T.P. 2014/2015.
Kata Kunci: model pembelajaran inquiry training, konvensional
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5320
Article Metrics
Abstract view : 298 timesPDF - 258 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.