PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI T.P 2014/2015

Mufidah Aziziah Hasibuan, Alkhafi Maas Siregar

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, dimana kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes pilihan berganda dan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 38,86 dankelas kontrol 37,57. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen 76,29 dan kelas kontrol 62,86. Aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan dari pertemuan I, II dan III dengan rata–rata nilai seluruhnya adalah 73,33% dengan kriteria penilaian aktif. Berdasarkan hasil analisis uji t, diperoleh ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Labuhan Deli T.P 2014/2015.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5394

Article Metrics

Abstract view : 158 times
PDF - 182 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.