PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2014/2015
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan teknik pembelajaran peta pikiran (mind map) berbasis problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P 2014/2015 yang terdiri dari tujuh kelas paralel sebanyak 245 orang. Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas XI IA-1 sebagai kelas kontrol dan XI IA-2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakanadalah soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 40,48 dan kelas kontrol 42,58. Pada pengujian normalitas dan homogenitas kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji beda nilai rata-rata kedua kelas untuk pretes diperoleh thitung<ttabel , maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas sampel sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen denganteknik pembelajaran peta pikiran (mind map) berbasis problem solving dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 75,16 dan kelas kontrol 66,13. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data postes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda nilai rata-rata kedua kelas diperoleh thitung> ttabeldengan demikian maka Haditerima yang berartiada pengaruh yang signifikan penerapan teknik pembelajaran peta pikiran (mind map) berbasis problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015.
Kata kunci : teknik pembelajaran peta pikiran (Mind Mapping), problem solving, fluida dinamis, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i4.5400
Article Metrics
Abstract view : 375 timesPDF - 276 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.