PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 1 Girsang Sipanganbolon. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 8 kelas dan berjumlah 240 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel masing-masing 30 orang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 43,4 pada kelas kontrol sebesar 43,3. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis yang menunjukkan kemampuan awal siswa kedua kelas tersebut sama. Pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry Training pada kelas ekperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol menghasilkan skor rata-rata postes kelas eksperimen 75,1 dan kelas kontrol 65,6. Kedua kelas juga merupakan data yang normal dan homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis yang menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pokok listrik dinamis di SMA Negeri 1 Girsang Sipanganbolon
Kata Kunci : inquiry training, hasil belajar, keterampilan proses sains.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i1.5421
Article Metrics
Abstract view : 191 timesPDF - 185 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.