PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIK
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) berbantu mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamik di kelas XI semester II SMA Negeri 5 Medan T.P. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian control group pretest – postest. Populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI-MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 27 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes uraian untuk soal pretes dan postes dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan uji Wilcoxon didapat ada pengaruh yang signifikan model problem based learning (PBL) berbantu mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamik.
Kata Kunci : problem based learning, mind map, hasil belajar, aktivitas.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i3.5431
Article Metrics
Abstract view : 374 timesPDF - 343 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.