PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa pada materi pokok listrik dinamis. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas X MAN Kabanjahe yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains berbentuk uraian, lembar observasi keterampilan proses sains, dan tes sikap ilmiah menggunakan angket. Pengujian hipotesis dilakukan pada data yang berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa pada materi pokok listrik dinamis.
Kata kunci : inquiry training, keterampilan proses sains, sikap ilmiah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i1.5443
Article Metrics
Abstract view : 191 timesPDF - 235 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.