PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 9 MEDAN T.P. 2015/2016
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMAN 9 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Pengambilan sampel berdasarkan teknik cluster random sampling dari populasi seluruh siswa kelas X SMAN 9 Medan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelompok kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMAN 9 Medan T.P. 2015/2016 secara signifikan lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gi, Hasil Belajar, Suhu Dan Kalor
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i3.5612
Article Metrics
Abstract view : 282 timesPDF - 319 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.