PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER II SMA SWASTA BINTANG TIMUR 1 BALIGE T.P 2015/2016
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan modelproblem based learning menggunakan media animasi untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI-IA SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI-IA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI-IA 2 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing berjumlah 42 dan 40 orang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan akibat penerapan model problem based learning menggunakan media animasiterhadap hasil belajar siswapada materi fluida statis di kelas XI semester II SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige T.P 2015/2016.
Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Media Animasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i3.5617
Article Metrics
Abstract view : 262 timesPDF - 229 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.