PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA

Intan Kemala Sari NS, Purwanto Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment design dengan bentuk desain Two Group Design dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini terdisi dari 2 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Kelas X MIA II sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA I sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk tes pilihan ganda sebanyak 15 soal. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata pretest dan postest di kelas eksperimen masingmasing adalah 23,00 dan 60,00 sedangkan nilai rata-rata pretest dan postest di kelas kontrol masing-masing adalah 22,00 dan 46,00. Analisis data menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i1.57196

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.