PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian two group pretest posttest. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 21 Medan dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian yang berjumlah 8 soal yang sudah divalidasi. Data dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 72,48 dan kelas kontrol adalah 63,67. Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke.
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, problem based learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i1.57198
Article Metrics
Abstract view : 47 timesPDF - 39 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.