PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS

Authors

  • Hotlen Sitohang
  • Ratna Tanjung Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v13i2.61636

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Kinematika Gerak untuk siswa kelas X di SMA Swasta Nasrani 2 Medan. Pengembangan modul ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep fisika, khususnya pada materi Kinematika Gerak, serta kurangnya penggunaan bahan ajar berupa modul dalam proses pembelajaran di sekolah.Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Develop (pengembangan). Tahap Define (pendefinisian) meliputi analisis kebutuhan dan studi literatur. Tahap Design (perancangan) meliputi penyusunan kerangka modul, pemilihan format dan desain awal modul. Tahap Develop (pengembangan) meliputi validasi modul oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba terbatas pada siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis PBL pada materi Kinematika Gerak yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat baik, dengan skor rata-rata validasi ahli materi sebesar 81,55% dan ahli media sebesar 81,95%. Selain itu, uji coba terbatas pada siswa menunjukkan bahwa modul memiliki tingkat kepraktisan dan keefektifan yang sangat baik, dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 81,20%. Modul ini juga terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan demikian, modul pembelajaran fisika berbasis PBL pada materi Kinematika Gerak ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles