EFEKTIFITAS BAHAN AJAR FISIKA DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI KINEMATIKA GERAK

Authors

  • Irham Ramadhani, S.Pd., M.Pd Universitas Negeri Medan https://orcid.org/0000-0002-3575-2830
  • Kana Saputra S. Universitas Negeri Medan
  • Purwanto Universitas Negeri Medan
  • Yanthy Leonita Perdana Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Tuti Hardianti Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v13i2.65181

Abstract

Mata kuliah Fisika Dasar merupakan matakuliah wajib yang diajarkan di FMIPA Unimed dan menjadi dasar bagi berbagai disiplin ilmu lainnya. Namun, masih rendahnya pemahaman mahasiswa non-Fisika terhadap konsep fisika menunjukkan perlunya inovasi dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar berbasis teknologi Augmented Reality (AR) untuk membantu visualisasi konsep fisika yang abstrak. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan ADDIE pada tahapan implementasi. Bahan ajar di ujicobakan pada mahasiswa jurusan fisika untuk melihat efektifitas bahan ajar dari respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan bahan ajar Fisika berbasis Augmented Reality (AR) pada topik kinematika gerak terbukti efektif dalam mendukung kegiatan perkuliahan, dengan hasil evaluasi yang termasuk dalam kategori baik. Temuan ini menegaskan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mampu memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa, baik dari segi isi maupun cara penyampaian materi. Sebagai upaya pengembangan lanjutan, disarankan agar bahan ajar tersebut terus diperbaiki dan disempurnakan untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu mahasiswa dalam mencapai kompetensi secara optimal.

Author Biography

Irham Ramadhani, S.Pd., M.Pd, Universitas Negeri Medan

ID Sinta   http://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6698214&view=overviewID Google Schoolar  https://scholar.google.com/citations?user=vXf7RGAAAAAJ&hl=en&oi=ao

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles