Efek Model Pembelajaran Inquiri Training Berbantuan Media Kahoot Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Kalor

Authors

  • solikin unimed
  • Derlina
  • Shofia Ummi
  • Sri Aningsih

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v13i2.65781

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan media kahoot dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Al Fityan Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dan lembar kuisioner. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t sampel bebas. Dari hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan media kahoot lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan  pembelajaran konvensional. Kata kunci: Inquiry Training, Hasil Belajar, Kahoot, Konvensional

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles