PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul berbasis STEM pada materi optika geometri dan menganalisis kelayakannya dari segi validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data meliputi angket validitas, respon guru dan peserta didik, serta tes hasil belajar berupa pretes dan postest. Penelitian ini melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari dua dosen fisika sebagai validator, serta guru fisika dan peserta didik kelas XI-2 dan XI-3 SMA Negeri 1 Aek Kuo. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas E-modul dengan rata-rata 90% (sangat valid), kepraktisan dengan rata-rata 89% pada uji coba respon guru, 83,8% pada uji coba kelompok kecil, dan 86,1% pada uji coba kelompok besar. Keefektifan E-modul dilihat dari N-gain sebesar 0,71, menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik. E-modul berbasis STEM ini valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: E-Modul, STEM, Optika Geometri.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i3.65874
Article Metrics
Abstract view : 34 timesPDF - 10 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.