PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 BINJAI T.P. 2015/2016

Masringgit Marwiyah Nasution, Sehat Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA negeri 3 Binjai T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Binjai yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-1 dengan menggunakan model PBL berbasis peta konsep dan kelas X-4 dengan menggunakan pembelajaran konvensional, jumlah siswa masing-masing tiap kelas 33 orang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu : 1) tes hasil belajar dalam bentuk essai 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen. 2) lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas maka dapat dikatakan ada pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 3 Binjai T.P. 2015/2016

Kata Kunci : problem based learning, hasil belajar, aktivitas, suhu dan kalor.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i1.6599

Article Metrics

Abstract view : 238 times
PDF - 299 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.