PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 4 KISARAN

Astri Anjani, Dewi Wulandari

Abstract


Indonesia telah memasuki era teknologi pendidikan di mana media dapat mendukung aktivitas pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan dalam media adalah pendidikan STEM. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan efektivitas pengembangan video pembelajaran Fisika berbasis STEM pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian RnD ini menggunakan model pengembangan 4D yang diperkenalkan oleh Thiagarajan. Media dikembangkan melalui 4 tahap: define untuk menentukan hasil belajar dan kebutuhan siswa, design untuk merancang prototipe media, development untuk menentukan validitas dan kepraktisan media, dan dissemination. Hasil validitas media adalah 88,5% dalam kategori sangat layak dan valid, uji kepraktisan pengguna sebesar 90,6% dalam kategori sangat praktis, dan nilai N-gain dari pre-test dan post-test sebesar 0,31 menunjukkan peningkatan rata-rata penguasaan konsep pada kategori sedang.

 

Kata Kunci: RnD, Video pembelajaran, STEM, Penguasaan konsep.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i4.66967

Article Metrics

Abstract view : 2 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot