PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silaen T.P 2023/2024 dan sampel diambil sebanyak 2 kelas secara random. Dalam penelitian yang digunakan adalah Two Group Pretes-PostesDesign. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal dan aktivitas siswa dengan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30,93 dan hasil pretes kelas kontrol 28,8. Setelah diberi perlakuan model discovery learning terhadap kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata postes 70,8. Sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata pretes 60,13. Analisis data dilakukan dengan uji t pada taraf signifikansi α = 0,05, dinyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa sehingga model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi
Kata Kunci: Discovery learning, hasil belajar, gelombang bunyi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i4.66970
Article Metrics
Abstract view : 4 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.