PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

Angelina Manurung, Togi Tampubolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silaen T.P 2023/2024 dan sampel diambil sebanyak 2 kelas secara random. Dalam penelitian yang digunakan adalah Two Group Pretes-PostesDesign. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal dan aktivitas siswa dengan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 30,93 dan hasil pretes kelas kontrol 28,8. Setelah diberi perlakuan model discovery learning terhadap kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata postes 70,8. Sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata pretes 60,13. Analisis data dilakukan dengan uji t pada taraf signifikansi α = 0,05, dinyatakan  bahwa  ada perbedaan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan model discovery learning  terhadap hasil belajar siswa sehingga model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi

 

Kata Kunci: Discovery learning, hasil belajar, gelombang bunyi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v12i4.66970

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot