PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Authors

  • Fidyya Amalia Safitri Universitas Negeri Medan
  • Mukti Hamjah Harahap Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/inpafi.v13i2.67394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika pada topik momentum dan impuls serta mengetahui tingkat validitas, efektivitas, dan kepraktisan e-modul berbasis Problem-Based Learning (PBL) pada materi momentum dan impuls. Pengembangan e- modul ini didasarkan pada belum tersedianya e-modul berbasis PBL di SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model 4D. Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran, serta angket respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan dan instrumen tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat praktis, dengan persentase sebesar 85% dari validator ahli materi, 81,25% dari validator ahli desain, 90% dari validator ahli pembelajaran, dan 90,66% dari respon guru. Tingkat kepraktisan dinilai sangat praktis, dengan persentase 83,91% pada uji coba kelompok kecil dan 86,42% pada uji coba kelompok besar. Tingkat efektivitas berada pada kategori sedang, dengan nilai n-gain sebesar 0,7.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles