PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SISWA PADA MATERI POKOK GAYA KELAS VIII SEMESTER II SMP BUDI MULIA MEDAN T.P 2014/2015

Andry Syahputra, Derlina Derlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gaya di kelas VIII Semester II SMP Swsata Budi Mulia T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Budi Mulia yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol, diajarkan dengan menggunakan  model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 16 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,8 dengan standar deviasi 7,6 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 32,5 dengan standar deviasi 6,5. Hasil uji t diperoleh thitung = 0,704 dan ttabel = 2,002. Sehingga thitung< ttabel (0,704< 2,002) maka H0 diterima dengan kata lain bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberi postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 77,3 dengan standar deviasi 4,9 dan kelas kontrol 67,3 dengan standar deviasi 4,9. Hasil uji t diperoleh thitumg = 7,849 dan ttabel = 1,671. Sehingga thitumg>ttabel(7,849>1,671) maka Ha diterima, dengan demikian kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok Gaya di kelas VIII Semester II SMP Swasta Budi Mulia T.P 2014/2015.

 

Kata Kunci : Number Head Together, Hasil Belajar, Gaya

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i2.9105

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF - 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.