PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item yang telah divalidasi sesuai dengan standar soal yang baik. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata - rata pretes kelas eksperimen lebih rendah dari nilai rata- rata kelas kontrol. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa tidak ada perbedaan pada kemampuan awal kedua kelas atau sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajarankonvensional. Nilai rata- rata postes kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postes kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai postes kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil postesnya yaitu nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai postes kelas kontrol karena adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMK YAPIM TARUNA BATANG KUIS T.P. 2016/2017.
Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Model pembelajaran konvensional, Hasil belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i2.9109
Article Metrics
Abstract view : 187 timesPDF - 188 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.