PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA DHARMA PANCASILA MEDAN T.P. 2016/2017

Tiyur Maida, Makmur Sirait

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida ststis kelas XI Semester II di SMA Dharma Pancasila Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian  adalah seluruh siswa kelas XI Semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan Kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 8 soal. Sebelum instrumen digunaka  terlebih dahulu divalidasi oleh validator.  Uji Hipotesis menggunakan Uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 40,2 dengan standar deviasi 8,91 dan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 40,91 dengan standar deviasi 9,52. Diperoleh nilai rata-rata postes kelas kontrol sebesar 64,45 dengan standar deviasi 6,60 dan kelas eksperimen sebesar 79,91 dengan standar deviasi 6,61. Uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data postes diterima yakni ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI semester II SMA Dharma Pancasila Medan T.P 2016/2017.

 

Kata kunci    : model pembelajaran learning cycle, hasil belajar,  fluida statis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i4.9223

Article Metrics

Abstract view : 293 times
PDF - 304 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.