ANALYSIS OF STUDENTS' CREATIVE THINKING ABILITY ON ENVIRONMENTAL POLLUTION MATERIALS IN CLASS VII SMP PANGERAN ANTASARI
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, J., Rohaeti, E.E., Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(4):779-784.
Arini, W & Asmila, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya Siswa Kelas VIII SMP Xaverius Kota Lubuk Linggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ). 1(1): 23-28.
Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi. Assimilation: Indonesia Journal of Biology Education. 1(1): 21-28.
Hendri, R., Elniati, S., Syarifuddin, H. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended di Kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika.8(1):110-1.
Hidayani, S., Amelia, T., & Muhartati, E. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP di Tanjung Pinang dalam Merespon Isu Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pedagogi Hayati. 4(1): 30-37.
Manullang, R., & Hutahaean, L., (2016), Pengauh Sense of Humor Guru dan Pengelohan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA SWASTA Raksana Medan T.P. 2015/2016, Jurnal Niagawan, 22-24.
Masythoh, D. N., & Nuriadin, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gender Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2): 1750-1756.
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016, February).Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. In PRISMA, Prosiding SeminarNasional Matematika (672-688).
Mufiannoor, E., Hidayat, M.T., & Soetjipto, S. (2017). Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep dengan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. JPPS (Jurnal Penelitian Sains). 5(2): 934.
Nurhayati, N., & Rahardi, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Saat Pandemi Covid-19. JPMI- Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 4(2): 331-342.
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa di SMPN 62 Surabaya. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains. 9(2): 242-246.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sani, A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Siswono, T. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Susandoro, N.S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains. 1-6.
Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.24114/iser.v4i2.41684
Article Metrics
Abstract view : 80 timesPDF - 46 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.