HUBUNGAN MOTOR ABILITY DENGAN KETERAMPILAN DASAR FUTSAL SISWA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 PARONGPONG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • josel Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/isj.v8i2.68401

Keywords:

motor ability, keterampilan dasar, passing-stopping, dribbling, shooting, futsal.

Abstract

Pengumpulan data dilakukan melalui serangkaian tes motor ability yang mencakup standing broad jump, softball throw, zig-zag run, wall pass, medicine ball put, dan sprint 50 meter, serta tes keterampilan futsal meliputi passing-stopping, dribbling, dan shooting. Hasil analisis mengungkapkan adanya korelasi yang sangat kuat dan signifikan antara kemampuan motorik dengan keterampilan passing-stopping (r = 0,88; t = 6,92), dribbling (r = 0,86; t = 6,25), dan shooting (r = 0,84; t = 5,74). Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin baik kemampuan motorik seorang pemain, semakin tinggi pula penguasaan teknik dasar futsal yang dimilikinya.

References

Tenang, E. W., & Murhanto, B. (2020). Pengaruh koordinasi dan kelincahan terhadap keterampilan bermain futsal pada siswa SMA. Jurnal Olahraga, 6(1), 35–41.

Castagna, C., Impellizzeri, F. M., Bizzini, M., & D’Ottavio, S. (2004). Field test performance in young soccer players. Journal of Sports Sciences, 22(6), 509–514. https://doi.org/10.1080/02640410310001655862

Fortunato, M. (2016). Pengaruh kemampuan motorik terhadap keterampilan teknik dasar sepak bola. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 4(2), 55–60.

Gabbett, T. J., & Mulvey, M. J. (2008). Time–motion analysis of small-sided training games and competition in elite women soccer players. Journal of Strength and Conditioning Research, 22(2), 543–552. https://doi.org/10.1519/JSC.0b013e3181635c64

Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: CV Tambak Kusuma.

Ismaryati. (2006). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyana. (2004). Pengantar Ilmu Kepelatihan. Bandung: FPOK UPI.

Murhananto, D. (2011). Teori dan Praktik Dasar-dasar Permainan Futsal. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nurhasan, D. (2001). Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Ramdani, N. (2012). Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Siedentop, D. (2007). Developing Teaching Skills in Physical Education (5th ed.). Boston: McGraw-Hill.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto, & Nurhasan. (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Kepelatihan. Yogyakarta: FIK UNY.

Tenang, A. (2015). Dasar-dasar Kepelatihan Olahraga. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wulandari, D. (2019). Hubungan kemampuan motorik dengan hasil belajar keterampilan futsal pada siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(1), 23–30.

Yusuf, S. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaenal, A. (2001). Latihan dan Pengaruhnya terhadap Keterampilan Gerak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2025-08-11

How to Cite

josel. (2025). HUBUNGAN MOTOR ABILITY DENGAN KETERAMPILAN DASAR FUTSAL SISWA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 PARONGPONG KABUPATEN BANDUNG BARAT. Indonesia Sport Journal, 8(2), 78–93. https://doi.org/10.24114/isj.v8i2.68401