Kontribusi Tingkat Kebugaran Jasmani dan Motivasi Berolahraga Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi

Penulis

  • Ilham Ilham
  • Alek Oktadinata
  • Wawan Junreti Daya

DOI:

https://doi.org/10.24114/isj.v1i1.12360

Abstrak

Penelitian ini secara umum untuk mengetahui kontribusi tingkat kebugaran jasmani dan motivasi berolahraga terhadap hasil belajar penjasorkes siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi, secara khusus penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Kontribusi tingkat kebugaran jasmani (TKJI) terhadap hasil belajar penjasorkessiswa SMP Negeri 9 Kota Jambi. (2) Kontribusi motivasi berolahrag terhadap hasil belajar penjasorkessiswa SMP Negeri 9 Kota Jambi. (3) Kontribusi TKJI dan motivasi berolahraga secara bersama-sama terhadap hasil belajar penjasorkessiswa SMP Negeri 9 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei. Variabel penelitian ini yaitu hasil belasjar penjasorkes sebagai variabel terikat dan tingkat kebugaran jasmani dan motivasi berolahraga variabel bebas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi sebanyak 60 orang siswa. Data di peroleh melalui tes TKJI untuk tingkat kebugaran jasmani, kuisioner motivasi berolahraga dan nilai semester mata pelajaran penjasorkes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknis analisis korelasi namun sebelumnya dilakukan uji normalitas, regresi dan lineritas. Hipotesis dari penelitian ini adalah: (1). Terdapat kontribusi antara tingkat kebugaran jasmani terhadap hasil belajar penjasorkes siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi sebesar 39,4%, (2). Terdapat kontribusi antara motivasi berolahraga terhadap hasil belajar penjasorkes siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi sebesar 43,2%, (3). Terdapat kontribusi antara tingkat kebugaran jasmani dan motivasi berolahraga secara bersama-sama terhadap hasil belajar penjasorkes siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi sebesar 53,5%.

Referensi

BSNP, 2006. Standar Isi Sekolah Menengah Atas/ Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdikbud.

Bucher, C.A, 1983. Foundations of Fhysical Education and Sport. London: Mosby Company.

Giriwijoyo, Santosa, HYS. dan Didik Zafar Sidik, 2012. Ilmu Kesehatan Olahraga. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya Off set.

Gunarsa Singgih D., 2004. Psikologo Olahraga Prestasi. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Kemendiknas, 2010. Tes Kebugaran Jasmani Indonesia, Untuk Anak Umur 13-15 Tahun, Jakarta: Kemendiknas Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani.

Martini Jamaris, 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.

Mutohir, T.C, 2002. Gagasan-gagasan tentang Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, 2003. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) Untuk Anak Umur 10-12 Tahun. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Samsudin, 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA/MA, Jakarta: Fajar Interparatama.

Sardiman, 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty, 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudibyo Setyobroto, 2001. Mental Training. Jakarta: Percetakan Solo.

Diterbitkan

2019-01-02

Cara Mengutip

Ilham, I., Oktadinata, A., & Daya, W. J. (2019). Kontribusi Tingkat Kebugaran Jasmani dan Motivasi Berolahraga Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa SMP Negeri 9 Kota Jambi. Indonesia Sport Journal, 1(1), 67–77. https://doi.org/10.24114/isj.v1i1.12360

Terbitan

Bagian

Articles