Kendala dan Strategi Guru PJOK Dalam Mengajarkan Tenis di SD Global Surya Islamic School Bandar Lampung
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) serta strategi yang diterapkan dalam pembelajaran tenis di SD Global Surya Islamic School Bandar Lampung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas guru PJOK dan siswa kelas IV hingga VI. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tenis menghadapi beberapa kendala utama, yaitu keterbatasan sarana dan prasarana, minimnya alat pembelajaran, rendahnya pemahaman siswa terhadap teknik dasar tenis, waktu pelajaran yang terbatas, serta belum adanya pelatihan khusus bagi guru terkait tenis di sekolah dasar. Meskipun demikian, guru PJOK menerapkan berbagai strategi untuk mengatasi kendala tersebut, antara lain dengan memodifikasi alat pembelajaran, menggunakan pendekatan permainan sederhana, menerapkan metode demonstrasi dan latihan berulang, pembelajaran berbasis kelompok kecil, serta menjalin kolaborasi dengan orang tua dan komite sekolah. Strategi ini menunjukkan kreativitas guru dalam menciptakan pembelajaran yang adaptif dan menyenangkan meskipun dalam kondisi yang serba terbatas. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran PJOK, khususnya dalam konteks pembelajaran tenis di sekolah dasar dengan keterbatasan fasilitas. Temuan ini diharapkan menjadi acuan bagi sekolah dan pemangku kebijakan dalam merancang program penguatan pembelajaran olahraga yang efektif dan kontekstual.Unduhan
Diterbitkan
2025-05-03
Cara Mengutip
Alifia Ramadhina, Maghribi, I. L., & Ariestika, E. (2025). Kendala dan Strategi Guru PJOK Dalam Mengajarkan Tenis di SD Global Surya Islamic School Bandar Lampung. Indonesia Sport Journal, 8(1), 17–27. Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/isj/article/view/65435
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Indonesia Sport Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.