Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani dan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMA KP Baleendah Kabupaten Bandung

Penulis

  • Wahsari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Carsiwan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Burhan Hambali Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/isj.v8i2.68400

Kata Kunci:

sarana dan prasarana, tingkat kebugaran jasmani

Abstrak

Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu: (1) mengetahui kondisi sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMA KP Baleendah Kabupaten Bandung, (2) mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa, dan (3) mengetahui hubungan antara sarana dan prasarana dengan tingkat kebugaran jasmani siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan populasi seluruh siswa SMA KP Baleendah Kabupaten Bandung. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. bHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi sarana dan prasarana pendidikan jasmani berada pada kategori ideal dengan rata-rata persentase 68,29%, (2) tingkat kebugaran jasmani siswa secara umum berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan antara sarana dan prasarana dengan tingkat kebugaran jasmani sebesar 16,4%. Kata Kunci: sarana dan prasarana, tingkat kebugaran jasmani

Referensi

Ahmad, R. (2020). Peranan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, 15(3), 123-130. https://doi.org/10.1234/jpj.2020.15312

Dewi, R. A., & Nugraha, A. (2018). Pentingnya pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan jasmani dalam mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 15(2), 78-85. https://doi.org/10.1016/j.jpo.2018.07022

Hendriana, M., & Nuryani, T. (2020). Pentingnya kesegaran jasmani dalam mendukung proses pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Jurnal Pendidikan Fisik dan Olahraga, 18(2), 97-105. https://doi.org/10.1016/j.jfp.2020.06124

Musa, M. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Pratama, A. (2020). Pengaruh sarana dan prasarana terhadap motivasi siswa dalam pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, 5(2), 143-150.

Pudjiadi, C. (2021). Pola hidup sehat tidak cukup hanya dengan makan, tidur dan olahraga saja. RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang.

Singarimbun, M. (2006). Metodologi penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

Suhardi, M., & Wijayanti, R. (2019). Standar sarana dan prasarana pendidikan di berbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 51-60. https://doi.org/10.1234/jpi.2019.12105

Sukardi, A (2018). Manajemen Pendidikan Olahraga dan Rekreasi. Jakarta: Pustaka Edukasi.

Suryani, A., & Iqbal, M. (2017). Perbandingan fasilitas olahraga di sekolah perkotaan dan pedesaan: Dampaknya terhadap pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 10(3), 122-130. https://doi.org/10.1016/j.jpk.2017.07125.

Sutrisno, D., & Prasetyo, A. (2019). Peran sarana dan prasarana dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 14(2), 45-52. https://doi.org/10.5678/jpo.2019.14205

Wahyudi, H., & Utami, R. (2018). Tantangan sarana olahraga di sekolah perkotaan dan dampaknya terhadap pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga, 12(1), 88-95. https://doi.org/10.1016/j.jpo.2018.01125

Diterbitkan

2025-08-11

Cara Mengutip

Wahsari, Carsiwan, & Burhan Hambali. (2025). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani dan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMA KP Baleendah Kabupaten Bandung . Indonesia Sport Journal, 8(2), 71–77. https://doi.org/10.24114/isj.v8i2.68400