Analisis Mutu Layanan Pendidikan Di Satuan Pendidikan Masyarakat (Studi Kasus Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan Farisma Cipta Di Kabupaten Aceh Tengah)

Yusnadi Yusnadi, Pintenate Simahara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu layanan pendidikan di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) Farisma Cipta Kabupaten Aceh Tengah. Hasil penelitian menunjukkan (1) Non-Academic Aspects memiliki karyawan yang sungguh bekerja, merespon segala keluhan, memiliki sikap positif, menjalin komunikasi yang baik, memiliki jam pelayanan, pelayanan terpercaya, batas waktu pelayanan jelas, serta memiliki kepedulian. Hanya pada aspek penguasaan prosedur pelayanan tidak terdapat peraturan tertulis. (2) Academic Aspects memiliki instruktur yang mempunyai kepedulian, merespon setiap keluhan, sungguh dalam mengajar, menyelesaikan masalah, memiliki sikap santun, mempunyai pengalaman menjahit, berpendidikan, serta memberikan kesempatan untuk berkonsultasi. (3) Reputation memiliki materi kursus yang lengkap, lokasi strategis, memiliki prestasi, standar minimal ukuran kelas telah ditatapkan, serta lulusan yang dapat membuka penerimaan menjahit.  Pada fasilitas akademik, penampilan instruktur, ruang ibadah, dan tata ruang perlu adanya peningkatan.  Dan fasilitas ruang tunggu tidak tersedia. (4) Access memiliki kesetaraaan dalam memberikan pelayanan, kebebasan berpendapat, merahasiakan informasi pribadi, dapat dihubungi melalui telepon, memberikan kesempatan untuk menyampaikan kritik dan saran namun tidak memiliki standar operasional pelayanan (SOP). (5)Program issues yakni memiliki keberagam program dan struktur kursus yang bersifat kaku. (6)Understanding yakni memiliki layanan konseling yang diberikan sesuai kebutuhan, layanan kesehatan hanya menyediakan sebuah kotak P3K.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Firdaus. 2005. “The development of HEdPERF: A New Measuring Instrument of Service Quality For The Higher Education Sector”. International Journal of Consumer Studies (30, 6) Hlm. 569–581

Abdullah, Firdaus. 2006. “Measuring Service Quality in Higher Education: HEdPERF versus SERVPERF”. Marketing Intelligence & Planning (Vol. 24 No. 1). Hlm. 31-47

Abdulhak ,Ishak dan Ugi Suprayogi. 2012. Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: Raja Grafik Persada.

Amelia. 2012. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan Siswa Dalam Mengikuti Kursus di Lembaga Bimbingan Belajar (Studi pada Siswa SMA Lembaga Bimbingan Belajar IPIEMS Cabang Banyumanik Semarang)”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Avianti, Lisa. 2019. “Pemberdayaan Masyarakat Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Idola Kabupaten Lampung Tengah”. Skripsi. Bandar Lampung: Uin Raden Intan Lampung.

Emzir. 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis data. Jakarta: Raja Grafindo.

Faiq, A. 2017. “Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dian Gitaya”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hanafi dkk. 2020. “Kualitas Pelayanan Pendidikan Di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (Pkbm) Kota Serang”. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(1).

Hadari Nawawi. 2005. Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ghony dkk. 2012. Metodologi penelitian kualitatif. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Indrawati, Aniek. 2011. “Pengaruh kualitas layanan lembaga pendidikan terhadap kepuasan konsumen”. Jurnal Ekonomi Bisnis, 16(1), 25-35.

Jasfar, Farida. 2005. Manajemen jasa: pendekatan terpadu. Ghalia Indonesia.

Jamaluddin. 2017. Manajemen Mutu: Teori dan Aplikasi pada Lembaga Pendidikan. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Jusoh, Ahmad et.al, 2004. Service Quality in Higher Education: Management Student’s Perspective. Academic Research Report.

Research Management Centre University of Technology Malaysia

Krismonik, Reni. 2020. “Pemenuhan Mutu Layanan Pendidikan Nonformal Di LKP Yos Sudarso Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas”. Skripsi . Purwokerto: IAIN Purwokerto).

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. 2013. Service marketing management. Jakarta: Four Salemba.

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta.

Moleong dkk. 2004. Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Nainggolan, L. S., & Rohman, A. N. (2021). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Ujian Pendidikan Kesetaraan Paket C Secara Daring Di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang. Journal of Millennial Community, 3(1), 31-39.

Nasution, M. N. 2004. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia

Kementrian Pendidikan Nasional, Dirjen PNFI. Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan 2010. Apa dan Bagaimana Pembinaan Kursus dan Kelembagaan, Jakarta: Dirjen PNFI, Kementrian Pendidikan Nasional, Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan.(di unduh 24 maret 2016)

Nurfitra, Silfi. 2019. “Gambaran Kualitas Layanan Pendidikan di LKP Permata Hati parupuk tabing”. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Prastowo, Andi. 2012. Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prasojo, Lantip Diat. 20016. Manajemen Mutu Pendidikan. Yogykarta: UNY Press

Pupu Saeful Rahmat. 2009. Penelitian Kualitatif. Equilibrium. Vol 5, no 9. Hlm 1-8.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis; Sebuah Model perlibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sallis, Edward. 2012. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sari Ns, Atika Yuni Ratna. 2017. “Penyelenggaraan Program Pelatihan Baby Sitter Balita Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Kasih Bintang Timur Kota Semarang”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Suardi, S., 2004, Sitem Manajemen Mutu, Jakarta, CV Teruna Grafica,

Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta: ANDI.

Usman. 2006. Manajemen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Varelasiwi, Retno Shiama. 2019. “Pengaruh manajemen layanan Pendidikan Nonformal (PNF) terhadap kepuasan pelanggan di Bimbingan dan Motivasi Belajar (BMB) Air-Langga Wates Kediri” .Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.24114/jmic.v4i2.35748

Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher :
Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan
Jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate, Kota Medan
Gedung 72 Lantai 2 Fakultas Ilmu Pendidikan
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jce/index

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.