PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE BERBASIS E-MODUL PADA PEMBELAJARAN INTALASI PENERANGAN LISTRIK UNTUK KELAS XI TITL SMK SWASTA IMELDA MEDAN
Abstract
Abstract
This study aims to know the feasibility of media, as well as to know the response to the development of e-learning media using moodle-based e-modules on the learning of electrical lighting installations at SMKS Imelda Medan. This e-learning development uses addie development model adapted from Mollenda and Reiser (2003). namely: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. E-learning feasibility assessment is conducted by material experts, media experts, and teachers as respondents. Data collection techniques used are questionnaire techniques to obtain quantitative data as primary data and qualitative data in the form of suggestions or comments as data for e-learning improvements. Quantitative data obtained is then converted into qualitative data using ideal assessment criteria. The results showed that: e-learning has "feasible" criteria from material experts with an average assessment of 4.00, from e-learning media experts have "feasible" criteria with an average rating of 4.13; e-learning trial results to respondents showed that e-learning has a "high acceptance" criteria with an average rating of 4.05. Based on the results of the development research obtained, it can be concluded that the development of e-learning using moodle-based e-modules in SMKS Imelda Medan is feasible to be developed.
Key Words: E-Learning Moodle, learning media, E-module
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media, serta mengetahui respon terhadap pengembangan media e-learning menggunakan moodle berbasis e-modul pada pembelajaran instalasi penerangan listrik di SMKS Imelda Medan. Pengembangan e-learning ini menggunakan model pengembangan ADDIE diadaptasi dari Mollenda dan Reiser (2003). yakni: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Penilaian kelayakan e-learning dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket untuk memperoleh data kuantitatif sebagai data primer dan data kualitatif berupa saran atau komentar sebagai data untuk perbaikan e-learning. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dikonversi menjadi data kualitatif menggunakan kriteria penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: e-learning memiliki kriteria “layak” dari ahli materi dengan rerata penilaian 4.00, dari ahli media e-learning memiliki kriteria “layak” dengan rerata penilaian 4.13; hasil uji coba e-learning kepada responden menunjukkan bahwa e-learning memiliki kriteria “akseptansi tinggi” dengan rerata penilaian 4.05. Berdasarkan hasil dari penelitian pengembangan yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-learning menggunakan moodle berbasis e-modul di SMKS Imelda Medan layak untuk dikembangkan.
Kata Kunci: E-Learning Moodle, Media Pembelajaran, E-Modul
Full Text:
PDFReferences
Abuhassna, H., & Yahaya, N. (2018). Students’ Utilization of Distance Learning through an Interventional Online Module Based on Moore Transactional Distance Theory. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(7). doi:10.29333/ejmste/91606
Arrahman, Alfath & Efitayani, Cindi & Al, Sarah. (2018). Desain E-Learning Berbasis Moodle LMS sebagai Media Pembelajaran Fluida Statis. 10.13140/RG.2.2.33314.32962.
B.SINURAT, D. I. S. (2019, December 6). Pengembangan Sistem Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Untuk Menghasilkan Lulusan Yang Handal Di Indonesia. https://doi.org/10.31227/osf.io/4hdgf
Baharudin. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Smk Terhadap Efektif Dan Efisiensi Pembelajaran. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(1). doi:10.24114/jtikp.v4i1.8749
Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Situs e-Learning dengan Moodle versi 3.1 sebagai Media Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. doi:10.31219/osf.io/tndpa
C. Asri Budiningsih. (2005). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Cavus, Nadire. (2015). Distance Learning and Learning Management Systems. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 191. 872-877. 10.1016/j.sbspro.2015.04.611.
Czerkawski, B. C., & Lyman, E. W. (2016). An Instructional Design Framework for Fostering Student Engagement in Online Learning Environments. TechTrends, 60(6), 532–539. doi:10.1007/s11528-016-0110-z
Edel, (2016). Pengertian media pembelajaran. Di akses pada 11 mei 2020 dari http://edel.staff.unja.ac.id/blog/artikel/Pengertian-Media-Pembelajaran.html
Hakim, A. R. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pengelolaan Pembelajaran. Kodifikasia, 12(2), 167. doi:10.21154/kodifikasia.v12i2.1516
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1). doi:10.21831/jpv.v3i1.1584
Lestari, Y., Prastyawan, A., Utami, D., Noviyanti, N., & Gamaputra, G. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pelayanan Publik Melalui Motode Virtual Learning. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 103-110. doi:http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v8i2.2510
Marsa, A. R., & Yunita, R. (2019). Website Media Pembelajaran Matematika Berbasis Moodle Platform. JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), 3(1), 1. doi:10.35145/joisie.v3i1.332
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung : CV Alfabeta.
Perwita, D. P., Kandika, P. S., & oktrisma, yesni. (2019). Analisis Model Pengembangan Bahan Ajar (4d, Addie, Assure, Hannafin Dan Peck). doi:10.31227/osf.io/7bydx
Sarinah. (2015). Pengatar kurikulum. Yogyakarta: Deepublish
Sriadhi. (2019). Instrumen Penilaian Multimedia Pembelajaran.
Supratman, E., & Purwaningtias, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(3), 310–315. doi:10.30591/jpit.v3i3.958
Sutanta, Edhy. (2010). Konsep dan Implementasi E-Learning. Yogyakarta: IST Akprind, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas TI
Wina sanjaya. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Grup
Yuliana, I. (2019). Efektivitas Penerapan Blended Learning dengan Moodle sebagai Media Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Simulasi Digital. PROtek : Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 6(1). doi:10.33387/protk.v6i1.998
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v1i1.25045
Article Metrics
Abstract view : 356 timesPDF - 299 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.