PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKASISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) DI SMKS IMELDA MEDAN

Ita Maruli Simanjuntak, Arif Rahman

Abstract


Abstract

 

This study aims to find out the results of basic electrical and electronic learning taught using think pair share learning model and expository learning strategy in students of grade X SMKS  Imelda Medan. The method of selecting research samples  uses  random sampling. The process of collecting data using the test method, namely the collection of final test data (posttest) after treatment. The number of samples per class as many as  60  people. The results of the data analysis with an acceptance rate of 5% significance showed that the learning outcomes of students who were taught using the think pair share learning model were higher than the learning outcomes of students taught using the expository learning model, where thitung > ttabel, which is 4,050 > 1,677. From the calculation obtained so that the conclusion that the basic learning results of Electricity and Electronics students are taught using the learning model Think Pair Share higher than students who are taught by using the model of expository learning class X Electrical Installation Techniques Private Vocational School Imelda Medan.

 

Keywords: Think Pair Share (TPS) Learning Model, Learning outcomes

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dan strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X SMKS Imelda Medan. Metode pemilihan sampel penelitian menggunakan random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data tes akhir (posttest) setelah diberikan perlakuan (treatment). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 60 orang. Hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran think pair share lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model pembelajaran ekspositori, dimana thitung > ttabel, yaitu 4,050 > 1,677. Dari perhitungan diperoleh sehingga diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar Dasar Listrik dan Elektronika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Imelda Medan.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. (2012). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Lubis, Effi Aswita. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Medan: Perdana Publishing

Maulia Rizki Pangestika. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) dengan Teknik Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X SMA Negeri 1 Bangkalan. Skripsi UNESA.

Nababan Goklas. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) Terhadap Hasil Belajar Memahami Pengukuran Komponen Elektronika Siswa Kelas X SMK N 1 Siborong – Borong Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi UNIMED.

Pane Arif Rahman. (2012). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Statis di Kelas IX SMP N 5. Skripsi UNIMED.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rika Wulandari. (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) Terhadap hasil belajar Matematika Siswa Kelas X MIA SMA N 2 Lubuklinggau Tahun Pembelajaran 2014/2015, Skripsi STKIP.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Silitonga, P. (2011). Statistik Teori Dan Aplikasi Dalam Penelitian. Medan : Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. (2016). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito Bandung

Sudjana. (2014). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sutikno, Sobry. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Zulfah Hasana. (2013) Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMPN 10 Jember. Skripsi UNEJ




DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v1i1.25048

Article Metrics

Abstract view : 233 times
PDF - 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot gacor slot