PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK SWASTA IMELDA MEDAN
Abstract
Abstract
This development research generally aims to (1) develop interactive multimedia-based learning media for Private Vocational School Imelda Medan, (2) to know the assessment of media experts and material experts on learning media, and (3) to know the feasibility of learning media based on the assessment of media experts and material experts. The method used in this research is Research and Development. This research was conducted at Imelda Private Vocational School Medan. Research and Development Results: (1) This development research process is carried out with several stages adapted from the borg and gall version development research model simplified into 4D. There are stages such as: Define, Design, Development, and Disseminate. Define stage includes definition, design stage includes storyboarding, development stage includes development of interactive multimedia-based learning media, validation of media experts and material experts, as well as revision of learning media from media experts and material experts and disseminate stage covering the trial stage. The target of this research is the Expert Lecturer of Medan State University. Testing of interactive multimedia by material validators showed that multimedia learning resulted both in material validation with an average score of 4.52 and for media validation with an average score of 4.59. Then obtained the conclusion that developed media is worth to use.
Keywords : Interactive Media, Interactive Multimedia
Abstrak
Penelitian pengembangan ini secara umum bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk SMK Swasta Imelda Medan, (2) mengetahui penilaian ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran, dan (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi . Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development ) . Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Imelda Medan. Hasil Penelitian dan Pengembangan : (1) Proses Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi borg and gall yang disederhanakan menjadi 4D. Adapaun tahapan tersebut yaitu : Define, Design, Development, dan Disseminate. Tahap define meliputi pendefenisian , tahap design meliputi pembuatan storyboard, tahap development meliputi pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ,validasi ahli media dan ahli materi, serta revisi media pembelajaran dari ahli media dan ahli materi dan tahap disseminate meliputi tahap uji coba. Sasaran penelitian ini adalah Dosen Ahli Universitas Negeri Medan. Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh validator materi menunjukan bahwa multimedia pembelajaran yang dihasilkan baik pada validasi materi dengan skor rata-rata 4.52 dan untuk validasi media dengan skor rata-rata 4.59. Maka diperoleh kesimpulan media yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Kata kunci : Media Interaktif, Multimedia Interaktif
Full Text:
PDFReferences
Alami, Fikri. (2006). Pembuatan Media Pembelajaran dengan Macromedia Flash MX 2004. Lampung : Universitas Lampung.
Ariani, Niken, Dan Haryanto, Dany. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Arsyad, Azhar.(2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Baharuddin. (2015). Development Of Learning Media Based E-learning In Vocational High School. International Conference on VocationalEducation and Electrical Enggineering(ICVEE).
Daryanto.(2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Fathurrohman, M dan Sulistyorini. (2012). Belajar Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta : Teras.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor. Ghalia Indonesia.
Madcoms. (2006). PHP dan MySQL. Madiun: And
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v1i1.25049
Article Metrics
Abstract view : 219 timesPDF - 184 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.