PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X INSTALASI TENAGA LISTRIK
Abstract
Abstract
This research was conducted to find out whether there is an influence of the Discovery Learning learning model on student learning outcomes in the basic subjects of electricity and electronics for class X electrical power installations (TITL) in Vocational Schools for the 2019/2020 school year. This type of research is factorial. The population in this study were students of class X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan and class X TITL students of SMKN 5 Medan. The sample of this study consisted of 2 classes, namely the experimental class which was taught using the Discovery Learning model and the control class which was taught using the Expository learning model. The data collection technique is done by using a test technique using multiple choice questions that have been tested for validity, reliability, level of difficulty and differentiating power of questions. The results showed that the results of hypothesis testing with the t-Ha test were accepted, there was an influence on the basic learning outcomes of electricity and electronics using the Discovery Learning learning model.
Keywords: Discovery Learning Learning Model, Expository, Learning Outcomes.
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswapada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas x instalasi tenaga listrik (TITL) di SMK tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dan siswa kelas X TITL SMKN 5 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajran Ekspositori. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes menggunakan soal pilihan ganda yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis dengan uji t Ha diterima, terdapat pengaruh hasil belajar dasar listrik dan elektronika dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.
Kata kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning, Ekspositori, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Sani Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Kurikulum 2013. Jakarta Bumi Aksara
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Budiningsih, Asri. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakaerta
Cruickshank, D. R. Jengkins. D. B,. & Metcelf, K. K. (2009). The Act Of Teaching. New York : The Mcgraw-Hill Companies Inc
Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemendikbud RI Nomor 7013/D/KP/2013 Tanggal 4 Desember 2013 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.
Hariyanti, Aan Rini. (2016). Studi Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Project Based Learning dan Discovery Learning pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP N 19 Kota Jambi . Jambi: FKIP Universitas Jambi.
Helsi M.P, Effendi H (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional. 05(02).
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Graha Indonesia
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMP Bahasa Inggris. Jakarta: Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Klahr, D., & Nigam, M. (2004). The Equivalence of Learning Paths in Early Science Instruction : Effects of Direct Instruction and Discovery Learning. Psychological science. 15(10).
Mohammad Takdir Ilahi, (2012). Pembelajaran Discovery Strategy Skill. Penerbit Diva Press.
Rohani. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Slameto, (2013:54). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, E Roberts. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik: Cetakan VIII. Bandung : Nusa Media
Syaiful Sagala. (2003). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sudarmanto. 2008. Meningkatkan Hasil belajar Dengan Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan 2008:161
Sudjana. (2009). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Sudjana, Nana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherman, Dkk. (2001). Common Texbook Strategi Pembelajaran Matematika
Susanto J, Zulwisli (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X Teknik Mekatronika Smk Negeri I Sumatera Barat. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. 6(2).
Suprijono, Agus. (2010:6).Cooperative Learning. Surabaya : Pustaka Pelajar
Widi, Restu Kartiko. 2010. Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v1i2.29249
Article Metrics
Abstract view : 253 timesPDF - 214 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.