EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PRODUK TERHADAP PENINGKATAN MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendesktripsikan dan mengevaluasi efektivitas dari penerapan model pembelejaran bebasis produk untuk meningkatkan minat wirausaha mahasiswa. Dalam penerapan pembelajaran berbasis produk, mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan keaktifannya, sehingga proses pembelajaran yang diikuti menjadi lebih bermakna. Melalui pembelajaran berbasis produk ini mahasiswa difasilitasi untuk mengembangkan minat wirausahanya dengan merencankan peluang-peluang usaha yang bisa dikembangkan dari produk yang dihasilkan dalam pembelajaran. Tujuan akhir pembelajaran dengan menerapakan model pembelajaran berbasis produk adalah menghasilkan mahasiswa yang aktif serta kreatif dalam proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan sebuah produk yang memiliki nilai jual sehingga bisa menciptakan peluang usaha. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi langsung, dokumentasi dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran berbasis produk efektif dalam meningkatkan minat wirausaha mahasiswa dengan terus menciptakan peluang berwirausaha melalui pembelajaran.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Berbasis Produk, Minat Wirausaha
Abstract
This study aims to describe and evaluate the effectiveness of the application of product-based learning models to increase student entrepreneurial interest. In the application of product-based learning, students are expected to increase their activeness, so that the learning process that is followed becomes more meaningful. Through product-based learning, students are facilitated to develop their entrepreneurial interests by planning business opportunities that can be developed from the products produced in learning. The ultimate goal of learning by applying a product-based learning model is to produce students who are active and creative in the learning process so that they can produce a product that has a selling value so that it can create business opportunities. This study uses a qualitative descriptive method. Data collection techniques used are through interviews, direct observation, documentation and questionnaires. The results showed that the application of product-based learning models was effective in increasing student entrepreneurial interest by continuing to create entrepreneurial opportunities through learning.
Keywords: Learning Model, Product Based Learning Model, Entrepreneurial Interest
Full Text:
PDFReferences
Ajzen, I. (2005). Attitudes, personality and behavior. New York: Open University Press.
Arends, Richard. (1997). Classroom instructional management. New York: The McGraw-Hill Company.
Basrowi. (2016). Kewirausahaan: untuk perguruan tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ganefri, Kusumaningrum, I., & Hidayat, H. (2014). Production Based Learning: An Instructional Design Model in The Context of Vocational Education and Training (VET). Global Journal of Scince Frontier Research (GJSFR) Vol 14 Issue 3, ISSN. Online: 2249-4626, Print: 0975-5896
Iskandar, B. (2001). Kewirausahaan. Bandung: Sinar Baru.
Iskandar. (2012). Efektivitas Pendidikan Kewirausahaan dalam Mengembangkan Intensi Kewirausahaan. Disertasi. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Joye, W., & Weil, M. (2003). Models of teaching (Fifth ed). New Delhi: Prentie-Hall of India Private Limited.
Marlina. (2010). Pengembangan Model Pelatihan Berbasis Produksi pada Pendidikan Vokasional. Makalah disajikan dalam Seminar International, APTEKINDO. UPI Bandung
Moleong, L.J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, Dedi & Yuza, A.A. (2009. Model Pembelajaran Berbasis Produksi dengan Pendekatan Asesmen Portofolio pada Perkuliahan Praktik Kerja Bangunan. Jurnal Penelitian, (Online), Volume 9, Nomor 1, http://www.jurnal.upi.edu/file/Dedy_Suryadi.pdf.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana
Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v1i2.29253
Article Metrics
Abstract view : 260 timesPDF - 690 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.