PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF LECTORA INSPIRE MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang layak untuk memudahkan guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagaradjan. Model 4D terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) Define (Pendefinisian), 2) Design (Perancangan), 3) Develop (Pengembangan), 4) Disseminate (Penyebaran). Tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan dikarenakan waktu serta kondisi yang kurang memungkinkan, dan pada tahap pengembangan (develop) tujuan penelitian telah tercapai dimana media pembelajaran yang dikembangkan telah diketahui sejauh mana kelayakannya untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Tingkat kelayakan media pembelajaran diketahui dari hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media. Dari validasi yang telah dilakukan, didapatkan bahwa ahli materi memberikan nilai sebesar 4,58 dan ahli media sebesar 4,57 dimana nilai tersebut mencapai indikator kelayakan Sangat Baik. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran ini sangat baik dilakukan karena telah diuji kelayakannya oleh para ahli.
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Model Pengembangan 4D, Lectora Inspire
Abstract
The aims of this research is to develop a viable learning medium to facilitate teachers and learners in the teaching and learning process. This research is a type of research development (Research and Development) with a 4D development model developed by Thiagaradjan. The 4D model consists of 4 stages, namely: 1) Define (Defining), 2) Design (Design), 3) Develop (Development), 4) Disseminate (Deployment). The disseminate stage is not carried out due to time and conditions that are less likely, and at the stage of development (develop) research objectives have been achieved where the learning media developed has been known the extent of its feasibility to be applied in the learning process. The level of feasibility of learning media is known from the results of validation by material experts and media experts. From the validation that has been done, it was found that material experts gave a value of 4.58 and media experts of 4.57 where the value reached the excellent eligibility indicator. Thus the development of this learning media is very well done because it has been tested for feasibility by experts.
Keywords: Learning Media Development, 4D Development Model, Lectora Inspire
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Astutik, Mega., Rusimanto, P.W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantu Software Lectora Inspire untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di SMK Negeri 2 Surabaya. Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 05 No 01.
Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan. Bandung: Alumni
Istiyanto, (2011). Modul Pelatihan Lectora Authoring Tool, Pengenalan Fitur Lectora 3, Yogyakarta: BTKP DIY.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mursid, R. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi :
Suatu Pendekatan Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi Pada Pendidikan Teknik Mesin. Medan: Unimed Press
Noor, Muhammad. 2010. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.
Padmo, Dewi., dkk. (2004). Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan.
Prawiradilaga, D. S dan Siregar, E. (2012). Mozaik Teknologi Pendidikan. Kencana: Prenada Media Group.
Riyanto, Yatim. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Kencana.
Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan. Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., dan Rahardjito. (2009). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Sobry Sutikno, M. 2009. Peran Dosen Dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sriadhi, 2018. Instrumen Penilaian Multimedia Pembelajaran. Medan. Universitas Negeri Medan
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susilana, Rudi. (2009). MEDIA PEMBELAJARAN: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima
Trianto, (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka
Trianto, (2010).Mengembangkan Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Yoto., Zulkardi., Wiyono, Ketang. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Teori Kinetik Gas Berbantuan Lectora Inspire untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA). Teknologi Pendidikan FKIP, Universitas Sriwijaya. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika,. Vol 02 No 02.
Zuhri, M.S., Rizaleni, E.A. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire dengan Pendekatan Konstektual Pada Siswa SMA Kelas X. FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang. Jurnal Pendidikan Matematika. ISSN Cetak: 2301-5314.
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v1i2.29382
Article Metrics
Abstract view : 430 timesPDF - 1137 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.