PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES AND TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR DASARLISTRIK DAN ELEKTRONIKA

Dyan Novi Rezki Situmorang, Wanapri Pangaribuan

Abstract


Abstrak

Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK Swasta Imelda Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 28 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen  (47) dengan standar deviasi 8,50 dan skor rata-rata di kelas kontrol (44,45) dengan standar deviasi 7,75. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran menggunakan model ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (88,78) dengan standar deviasi 4,06 dan kelas kontrol (81,55) dengan standar deviasi 4,17. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung=  6,40 dan ttabel = 1,67. Sehingga thitung > ttabel.Sehingga Ha diterima yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT)memberikan hasil belajar pada pelajaran dasar dan pengukuran listrik yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan model ekspositori pada siswa kelas X TITL SMK Swasta Imelda Medan.

Kata Kunci: Pembelajaran Tipe Team Game Tournament, Model Pembelajaran Kooperatif

 

AbstractEnglish translation. 

This type of research is quasi experimental research. The population in this study is all students of class X even semester of Imelda Medan Private Vocational School Year 2019/2020. Sampling is done by taking 2 classes, namely class X TITL 1 as an experimental class and class X TITL 2 as a control class, each of which totals 28 students. The instrument used to find out student learning outcomes is a test of learning results in the form of multiple choices with the number of questions 30 points. Pretest test results before being given different treatments, namely the average score in the experimental class (47) with a standard deviation of 8.50 and the average score in the control class (44.45) with a standard deviation of 7.75. In the pretest data test both classes it was obtained that the data of both classes are normal and homogeneous distribution which means it has the same initial capabilities. Then given the treatment that experimental classes are taught by learning using a cooperative model type Team Game Tournament (TGT) and control classes are taught by learning using an expository model. After the learning was completed, posttest scores were obtained with the average results of experimental classes (88.78) with a standard deviation of 4.06 and control classes (81.55) with a standard deviation of 4.17. From the results of posttest data processing obtained that thitung = 6.40 and ttabel = 1.67. So thitung > ttabel. So ha accepted, namely the Cooperative Learning Model Type Team Game Tournament (TGT) provides learning outcomes on basic lessons and higher electrical measurements than learning using the expository model in students of class X TITL SMK Swasta Imelda Medan.

 

Keywords: Team Game Tournament Type Learning, Cooperative Learning Model

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman., (2011), Belajar dan Pembelajaran, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Arikunto,Suharsimi., (2009), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Djamarah,S.B., Zain, A., (2006), Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi), Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Eisenkraft, Arthur, (2003), Expanding the 5E Model,A Journal for High School Science Educators Published by The National Science Teachers Association The Science Teacher Vol. 70: 6

Hanif. (2010). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Kelistrikan Kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Medan: Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan. Skripsi dipublikasikan.

Hamdani,(2011),Strategi Belajar Mengajar, CV Pustaka Setia,Bandung

Julianti. (2011). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Pembelajaran Teori Dasar Elektronika SMK Negeri 2 Padang Sidempuan.Medan : Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan. Skripsi dipubliskan

Milfayetty, Sri, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan : Universitas Negeri Medan

Mudjiono, Dimyati, (2006), Belajar dan Pembelajaran, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Munir, (2008), Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Mulyasa, (2010), Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi,PenerbitPT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Poerwadarminta,W.J.S,.(1986), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Edisi Pertama, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta.

Rusman, (2010), Model-Model Pembelajaran. Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Bandung.

Silitonga, P.M., (2011), Metodologi Penelitian Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIMED, Medan.

Silitonga, P.M., (2011), Statistika Teori dan Aplikasi dalam Penelitian edisi Pertama, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam UNIMED, Medan.

Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Slamido, E., Sharon, (2011), Instructional Technology and Media for Learning Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar Edisi Kesembilan, PT Prenada Media Group, Jakarta.

Slavin, Robert.E., (2009), Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik, Penerbit Nusa Media, Bandung.

Sudjana, (2005), Metode Statistika, Penerbit Tersito, Bandung

Sudijono, Anas, (2011), Pengantar Statistik Pendidikan, Penerbit PT Raja Grafindo Persada,Jakarta

Wena, Made., (2009), Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v1i2.29383

Article Metrics

Abstract view : 236 times
PDF - 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.