PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan software adobe flash cs6 pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik; (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development). Langkah-langkah pengembangan media pembelajaran interaktif ini meliputi : (1) Analisis (Analysis); (2) Perencanaan (Design); (3) Pengembangan (Development); dan (4) Validasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Validasi media melibatkan 4 orang ahli media dan 2 orang sebagai pengguna (uji coba awal). Hasil uji awal coba oleh pengguna berdasarkan pada indikator Panduan, indikator Materi Multimedia, indikator Evaluasi, indikator Desain dan Fasilitas Media memperoleh skor rata-rata 4,75 (Sangat Layak). Hasil validasi ahli media berdasarkan panduan informasi, kinerja program, dan sistematika memperoleh skor rata-rata 4,69 (Sangat Layak). Berdasarkan seluruh hasil yang penelitian yang disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMK Negeri 13 Medan.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash CS6
AbstractEnglish translation. English translation.
This aims research to: (1) develop interactive learning media using adobe flash cs6 software on electrical lighting installation subjects; (2) to find out the feasibility of interactive learning media in the subjects of electrical lighting installations. This research uses research and development methods. The steps of developing this interactive learning medium include: (1) Analysis; (2) Planning (Design); (3) Development; and (4) Validation. The data collection method in this study uses questionnaires that contain questions. Media validation involves 4 media experts and 2 people as users (initial trial). The results of the initial trial by users based on the Guide indicator, Multimedia Materials indicator, Evaluation indicator, Design indicator and Media Facility obtained an average score of 4.75 (Very Feasible). Media expert validation results based on information guidance, program performance, and systematics earned an average score of 4.69 (Very Decent). Based on all the results of the research concluded that interactive learning media is very suitable to be used as a learning medium in the subjects of electric lighting installation in SMK Negeri 13 Medan.
Keywords: Interactive Learning Media, Adobe Flash CS6
Full Text:
PDFReferences
Arif S. Sadiman, (2014). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Asyhar, Rayandra, (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Pres.
Azhar Arsyad, (2013). Media pembelajaran. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada.
Benny A. Pribadi, (2014). Desain dan Pengembangan Program Penelitian Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group BP.
Daryanto, (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Fenti Amelia, (2014). Pengembangan Media Interaktif dalam Pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektronika SMK Negeri 1 Padang.
Ginti Ismayana Serang, (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Standar Kompetensi Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana di SMK Nasional Berbah.
Gondet, (2013). Mengenal Adobe Flash CS6. Sumber : http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/42359/4/Chapter%20II.pdf. Diakses pada 07 April 2016.
Hamalik, (2013). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Joni Purwono, (2014). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Marcelius Ginting, (2017). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Dengan Adobe Flash Cs6 Untuk Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI Paket Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Skripsi, Medan : Universitas Negeri Medan.
Rudi Y. Arindiono dan Nugrahadi R, (2013). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Rudi Susilana dan Cepi Riyana, (2009). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Rusman, (2011). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto, (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sri Wahyuni, (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif menggunakan Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Memahani Dasar-dasar Elektronika di SMK Negeri 1 lembah Melintang.
Sriadhi, (2012). Instrumen Ukur Kelayakan Courseware Multimedia Learning. Centre for Instructional Technology and Multimedia. USM.
Sriadhi, (2014). Penilaian Multimedia Learning. Konferensi Nasional Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ke-TIK.
Sriadhi, (2018). Instrumen Penilaian Multimedia Pembelajaran. Medan: Universitas Negeri Medan .
Sudjana, Nana. (2009). Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algen Sindo.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Sujadi, (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutikno, Sobry. (2009). Belajar Pembelajaran. Bandung: Prosfect.
Suyono, (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syafruddin, (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v1i2.29384
Article Metrics
Abstract view : 398 timesPDF - 167 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.