HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN TENAGA LISTRIK
Abstract
Abstract
This study aims to determine: (1) the relationship of learning styles to student learning outcomes in the subject of electric lighting installations; (2) the relationship of learning motivation to student learning outcomes in the subject of electric lighting installations; (3) the relationship between learning styles and learning motivation on student learning outcomes in the subject of electric lighting installations. The research method used is ex post facto. The population in this study amounted to 217 respondents with a sample of 142 respondents who were taken through the Simple Random Sampling technique. Prerequisite tests used in this study include normality test, linearity test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and coefficient of determination test (R2). Hypothesis testing includes simple correlation analysis, simple regression analysis, partial test (t) and joint coefficient analysis (F test). Data was collected by means of observation, documentation and questionnaires. The research questionnaire was first tested for validity and reliability. Then the collected data is processed with the help of SPSS version 20 software. The results of this study prove that: (1) There is a relationship between learning styles and learning outcomes with research results, the correlation coefficient is 0.340, greater at a significance level of 0.05 or 5 %. (2) There is a relationship between learning motivation and learning outcomes with the results of the research, the correlation coefficient is 0.314, which is greater at a significance level of 0.05 or 5%. (3) There is a relationship between learning styles and learning motivation on learning outcomes with the results of the F test calculation, the Fcount value is 14,189 and Ftable is 3,06. Thus the value of Fcount > Ftable (14,189 > 3.06) and the significance value (0.000 < 0.05).
Keywords: Learning Style, Learning Motivation, Learning Outcomes
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran instalasi penerangan listrik; (2) hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran instalasi penerangan listrik; (3) hubungan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Metode penelitian yang digunakan yaitu ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 217 responden dengan sampel sebanyak 142 responden yang diambil melalaui teknik Simple Random Sampling. Uji Prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji koefisien determinasi (R2). Uji hipotesis meliputi analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, Uji parsial (t) dan analisis koefisien bersama (uji F). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa: (1) Adanya Hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar dengan hasil penelitian koefisien korelasi sebesar koefisien korelasi sebesar 0,340 lebih besar pada taraf signifikansi sebesar 0,05 atau 5%. (2) Adanya Hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan hasil penelitian koefisien korelasi sebesar 0,314 lebih besar pada taraf signifikansi sebesar 0,05 atau 5%. (3) Adanya Hubungan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan hasil perhitungan uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 14,189 dan Ftabel sebesar 3,06. Dengan demikian nilai Fhitung > Ftabel (14,189 > 3,06) dan nilai signifikasi (0,000 < 0,05).
Kata Kunci : Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka cipta.
Amna Emda. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196, Banda Aceh.
Agmila Ayu Happy. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Min Jati Pandansari Ngunut Tulungagung Dalam Belajar Matematika. Abstrak Hasil penelitian Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (Iain) Tulungagung 2015, Tuluanggung.
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azhari Akgyas. (1996). Psikologi Pendidikan, Semarang: Dina Utama Press.
Bey Anwar. (1994). Psikologi Pendidikan, Medan: Pustaka widya sarana.
Dahar, Ratna Wilis. (1998). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Darmawan Bagus I Gusti. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Menggambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan. Abstrak hasil penelitian Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Deporter, Bobbi. (1999). Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
_______. (2010). Quantum Learning. Bandung: Kaifa
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
De Porter, Bobbi dan Mike Hernacki. (2015) Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa
Dimyati dan Mudjiono. (1994). Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
_______. (2009). Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud. Erlando
Doni Sirait. (2017). Pengaruh Gaya Dan Kesiapan Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Formatif 7(3): 207-218.: Jakarta.
Drummond Tom. (1998). Machine Learning For High Speed Corner Detection. LNCS 3951, pp.430-443.
Fatiah Ulfa. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Dabin I Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang.
Faisal Amir. (2008). Menyiapkan anak jadi juara, Jakarta: Kompas Gramedia
Fitriyanto Noor Muhammad (2017) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Bidang Pemesinan Di SMK Nasional Berbah. Abstrak Hasil penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.
Frandsen. (1961). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ghufron, Nur dan Risnawita. (2010). Gaya Belajar Kajian Teoritik. (Cetakan ke- 3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Univesitas Diponegoro.
Gunawan, Imam (2006). Metode Penelitian Kualitatif: Teori & Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamdu Ghullham, dkk (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar, Jurnal penelitian pendidikan vol.12.No.1.
Hamsar. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPA Madrasah Tsanawiyah Alauddin Pao-Pao. Abstrak Hasil penelitian UIN Alauddin Makassar, Makassar.
Hamalik, Oemar. (2000). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hernacki Mike. (1999) Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa
Hilgard, Bower. (1981). Theories of Learning. Princtie Hall, New York.
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v2i1.35882
Article Metrics
Abstract view : 140 timesPDF - 108 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.