PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK
Abstract
Abstract
This study aims to determine the differences in student learning outcomes between the experimental class using the Problem Based Learning learning model assisted by E-Learning and the control class using the ordinary Problem Based Learning learning model. This study uses a quasi-experimental method with a Posttest Only, Non-Equivalent Control Group Design model. The number of research subjects was 59 students, consisting of 30 students from class XI TITL 1 as the experimental class and 29 students from class XI TITL 2 as the control class. The data collection technique used is a written test in the form of multiple choice which has been tested for validity, reliability, level of difficulty, and discriminatory power. The results of the study obtained that the average value of student learning outcomes in the experimental class was 84.96. While the control class is 77.68. From the results of the calculation of the hypothesis test, it is obtained that t_count is 2.14 and t_table is 2.002, then t_count > t_table or 2.14 > 2.002, so it can be concluded that the alternative hypothesis (Ha) in this study is accepted as well as rejecting the null hypothesis (Ho) in other words the results The learning outcomes of class XI TITL students using the Problema Based Learning learning model assisted by E-Learning are higher than student learning outcomes using the Ordinary Problem Based Learning learning model.
Keywords: Quasi Experiment, PBL E-Learning, PBL, Learning Outcomes.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan E-Learning dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning biasa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan model Posttest Only, Non-Equivalent Control Group Design. Jumlah subjek penelitian 59 orang peserta didik, yang terdiri 30 peserta didik kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan 29 peserta didik kelas XI TITL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda yang telah terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 84,96. Sedangkan kelas kontrol 77,68. Dari hasil perhitungan uji hipótesis diperoleh 2,14 dan adalah 2,002, maka > atau 2,14 > 2,002, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipótesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus menolak hipótesis nihil (Ho) dengan kata lain hasil belajar siswa kelas XI TITL dengan menggunakan model pembelajaran Problema Based Learning berbantuan E-Learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problema Based Learning Biasa.
Kata Kunci : Quasi Eksperiment, PBL E-Learning, PBL, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Anas Sudijino, (2008). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers
Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons.
Anjar Isna Fadillah, Munoto, dan Luthfiyah Nurlela (2014). “Pengaruh Media Pembelajaran (e-learning moodle, lks) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pengoperasian Perangkat Lunak Lembar Sebar di SMK N 1 Mojokerto”. Diakses pada 24 Februari 2019 dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pendidikan-vokasi-teori-dan-prak/article/view/8696
Aditya Hasiani. (2016). “Pengaruh Pembelajaran E-learning Berbasis Schoology Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Dari Siswa Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2015/2016”. . Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan. Medan : Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, FT-UNIMED
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Dewi, Shinta. Kurnia. (2011). “Pengaruh E-learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TIK Kelas XI Di SMA Negeri 1 Depok”. Diakses pada 24 Februari 2019 dari https://eprints.uny.ac.id/21296/1/Shinta%20Kurnia%20Dewi%2007520241026.pdf
Febri Ani Harahap.(2020). “Perbandingan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Antara Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan. Medan : Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, FT-UNIMED
Gunawan, M.A. (2013). Statistik untuk penelitian pendidikan. Yogyakarta : Parama Publishing
Ismi Sarah Lubis.(2019). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2018/2019. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan. Medan : Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, FT-UNIMED
Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.
Khairul Anwar. (2020). “Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Smk Negeri 13 Medan T.A 2019/2020. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan. Medan : Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, FT-UNIMED
Milfayetty, dkk.(2018). Psikologi Pendidikan. Medan : PPs Unimed.
Purwanto.(2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Rusman.(2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesi Guru.
Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sumantri, (2015). Strategi pembelajaran teori dan praktik ditingkat pendidikan dasar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.
Jakarta : Ar-Ruzz Media.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press
Sudjana. (2001). Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. (2015). Matode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah. Jakarta.
Wina Sanjaya. (2008). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta : Kencana
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v2i1.35884
Article Metrics
Abstract view : 202 timesPDF - 145 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.