PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Jafrai Manalu, Rosnelli .

Abstract


Abstract

This study aims to develop an e-learning information system (website) as a learning medium. Learning media is very significant and very effective to use for teaching and learning. Researchers are trying to develop a website-based e-learning information system that can be used as an online learning media (online). The learning media in this study uses the Waterfall (Summerville) model using five stages in it, namely Requirement Definition, System and Software Design, Implementation and Unit Testing, Integration and System Testing, Operation and Maintenance. The target of this research is the teacher admin and specifically the students. The test of the Thursday-based e-learning information system by the material validator media validator and user responses showed that the site-based e-learning information system produced both a material validation score of 4.375, a media score validation of 4.43 and a user response score validation of 4.75. Testing the effectiveness of an e-learning information system based on a website that is proven from the results of class completeness of 85% which is above the classical percentage requirement of 75% so that an e-learning information system based on a web site is effectively used as a learning medium.

 Key Words: E-learning Information System Development, Online Learning Media, wesbiste, basic programming.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi e-learning (website) sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran termasuk hal yang sangat signifikan dan sangat efektif untuk dipergunakan untuk belajar mengajar. Peneliti berusaha mengembangkan sistem informasi e-learning berbasis website yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran online (daring). Media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model Waterfall (Summerville) dengan menggunakan lima tahapan didalamnya yaitu Requirements Definition, System and Software Design, Implementation and Unit Testing, Integration and System Testing, Operation and Maintenance. Sasaran penelitian ini adalah admin guru dan secara khusus pesertadidik. Pengujian kelayakan sistem informasi e-learning berbasis wesbite oleh validator media validator materi dan respon pengguna menunjukkan bahwasanya sistem informasi e-learning berbasis website yang dihasilkan sanggat baik berdasarkan skor validasi materi 4,375, skor validasi media 4,43 dan skor validasi respon pengguna 4,75. Pengujian keefektivan terhadap sistem informasi e-learning berbasi website teruji dari hasil ketuntasan kelas sebesar 85 % yang berada diatas syarat persentase klasikal ≥ 75% sehingga sistem informasi e-learning berbasis website efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan Sistem Informasi E-learning, Media Pembelajaran online, wesbiste, Pemrograman dasar


Full Text:

PDF

References


Abdul Taufiq.G & Nurkhamid. (2017). Analisis Kualitas Sistem Informasi Kegiatan Sekolah Berbasis Mobile Web Di Smk Negeri 2 Yogyakarta. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Alhamid Thalha dan Anufia Budur (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data. Ekonomi Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN): Sorong.

Arianti, Y.M & Yogisa, K. (2012). Aplikasi E-Learning Berbasis Web dengan Menggunakan Atutor. Universitas Gunadarma Jurnal, pp.14-17. Depok: Univeristas Gunadarma.

Diana Weri, Dkk. (2019). Efektifitas Multimedia Interaktif Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. p-ISSN: 1858-4543 e-ISSN: 615-6-9. Padang: Universitas Negeri Padang.

Halal, Rizqon.S.A. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, Edisi Mei, pp.395-402.

Harnani. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Diakses pada 5 Mei 2021 dari https://bdkjakarta.kemenag.go.id/ berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Herliandry, L.D, Dkk. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan.e-ISSN:2620-3081.Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Inayati Makrifah (2018). Pengembangan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar (KJD) Di Smk Syubbanul Wathon Tegalrejo Kabupaten Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lukitaningrum Hesti (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Web pada Materi Basis Data Disekolah Menengah Kejuruan Kelas XI. Universitas Negeri Yogyakarta.

Muammar Abdullah. (2017). Pengembangan E-Learning Berbasis Web Di Jurusan Pendidikan Biologi Uin Raden Intan Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Muhammad Zaki Mubarok (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Siswa Kelas X TKJ di SMK Nahdlatul Ulama Ungaran. Universitas Negeri Semarang.

Nugroho Andy (2019). Pengertian XAMPP Lengkap dengan Fungsi dan Cara Instalasi. Diakses pada 27 Juni 2021 dari https://qwords.com/blog/pengertian-xampp/

Nurmalasari, Anna & Arissuandi Riska. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Laporan Laba Rugi Berbasis Web Pada PT. United Tractors Pontianak. Jurnal Sains dan Manajemen. ISSN:2338-8161 E-ISSN: 2657-0793. Universitas Bina Sarana Informatika: Pontianak.

Nurwito. (2016). Perancangan dan Analisis Kualtas Sistem Informasi Pembayaran Biaya Pendidikan Siswa Berbasis Web di SMK YPKK 1 Gamping Sleman.Program Studi Pendidikan Teknik Jurusan Pendidikan Teknik Elektronikan Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta.

Oktarini, A.S., Abdilah Ari & Sunarti. (2019). Web Programming. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Prawanti, L.T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Seminar Pascasarjana Nasional 2020, ISSN:286-291. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rikanita. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Sekolah Berbsis Website di SMK Negeri 1 Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Robith Muhammad. (2020). Apa itu MySQL: Pengertian, Fungsi, beserta Kelebihan. Diakses pada 20 Juni 2021 dari https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-mysql/.

Rofiah Siti. (2018). Sistem Informasi Pendataan Penduduk Menggunakan metode canvasser Pada Desa Kebonsari kecamatan Row.Jurnal Ekonomi dan Bisnis: E-Bisnis.p-ISSN:1979-0155 e-ISSN :2614-8870, pp.1-34. Stekom Press: Semarang.

Siahaan, matdio. (2019). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Karya Ilmiah, Edisi Juli, pp. 1-6.

SIARAN PERS Kemendikbud Nomor: 137/sipres/A6/VI/2020. Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19: Satuan Pendidikan di Zona Kuning, Oranye dan Merah Dilarang Melakukan Pembelajaran Tatap Muka. Diakses pada 10 April 2021 dari https://www.kemdikbud.go.id/.

Stefanus M., Fernandes J & Andry (2020). Pengembangan Aplikasi E Learning Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall Pada Smk Strada 2 Jakarta. Jurnal Fasilkom. pp.1-10. ISSN:2089-3353.Jakarta Utara: Universitas Bunda Mulia.

Sumarni Sri. (2019). Model Penelitian Dan Pengembangan (R&D) Lima Tahap (Mantap). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta: Yogyakarta.

Viramita, Dhilla.M. (2020). Peran Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan. Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang.

Zakaria. (2020). Pengertian CodeIgniter Beserta Kegunaan, Kelebihan, serta Kekurangannya. Diakses pada 28 Juni 2021 dari https://www.nesabamedia.com/pengertian-codeigniter




DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v2i2.40539

Article Metrics

Abstract view : 366 times
PDF - 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot gacor slot