PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BELAJAR COMPUTER BASED INTRUCTION (CBI) DENGAN MODEL DRILL INTERAKTIF SEBAGAI PROSES EVALUASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER
Abstract
Abstract
This research aims to find out how the development of computer based instruction (cbi) evaluation instruments with interactive drill models of computer system subjects in vocational schools and the feasibility of using computer based instruction (cbi) learning evaluation instruments with interactive drill models of computer system subjects in smk. This research was conducted on students of class X Majoring in Computer Engineering and Private Vocational Network Citra Abdi Negoro. Media development procedures are carried out by Research and Development methods or better known as R&D and use analysis design models, design, development, implementation and evaluation (ADDIE) but in the development of this research is limited at the implementation stage. Based on the data obtained during the study, validation results from the content expert get a final interpretation of (5,72) with very feasible criteria. Validation results from media experts get a final interpretation of (3,83) with decent criteria. In small group trials it was 82.20% and in large group trials it was 89.04%. From the practicality assessment obtained from the student's response to small and large group trials have the category "Excellent". The percentage of effectiveness gets an average of 0.86 with a high category. Thus the computer based intruction (cbi) learning evaluation instrument with this interactive drill model is feasible and effective to use and received positive responses from validator experts and users.
Key Words: learning evaluation instruments, computer based intruction, interactive drill.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan instrumen evaluasi belajar computer based instruction (cbi) dengan model drill interaktif mata pelajaran system computer di smk dan kelayakan serta kepraktisan penggunaan terhadap instrumen evaluasi belajar computer based instruction (cbi) dengan model drill interaktif mata pelajaran system computer di smk. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Swasta Citra Abdi Negoro. Prosedur pengembangan media dilakukan dengan metode Research and Development atau lebih dikenal dengan R&D dan menggunakan model desain pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE) tetapi pada pengembangan penelitian ini dibatasi pada tahap implementation. Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, Hasil validasi dari ahli isi/konten mendapatkan interpretasi akhir sebesar (5,72) dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi dari ahli media mendapatkan interpretasi akhir sebesar (3,83) dengan kriteria layak. Pada uji coba kelompok kecil sebesar 82,20% dan pada uji coba kelompok besar sebesar 89,04%. Dari penilaian kepraktisan yang diperoleh dari respon siswa pada uji coba kelompok kecil dan besar mempunyai katagori “Sangat Baik”. Persentase kefektifan mendapatkan rata-rata 0,86 dengan kategori tinggi. Dengan Demikian instrumen evaluasi belajar computer based intruction (cbi) dengan model drill interaktif ini layak dan efektif digunakan serta mendapat tanggapan positif dari para ahli validator dan pengguna.
Kata Kunci : instrumen evaluasi belajar, computer based intruction, drill interaktifFull Text:
PDFReferences
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.
Dewati, M., & Widyasari, H. (2017). Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Berbasis Multimedia pada Materi Fisika SMA Kelas X. Prosiding SNFA, 109-115.
Fahrurrozi, M., & Rahmawati, S. N. (2021). Pengembangan Model Instrumen Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Profit, 01-10.
Fahrurrozi, M., & Mohzana, H. (2020). Pengembangan Perangkat Perangkat Pembelajaran. (H. K. Nahdi, Ed.) Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat: Universitas Hamzanwadi Press.
Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. (Hendrizal, Ed.) Yogyakarta: Samudra Biru.
Haryati, S. (2017). Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperatif Learning. Magelang: Graha Cendekia.
Irfan, M., & P.L, M. R. (2014). Implementasi Computer Based Instruction Model Instructional Games Pada Pembelajaran Interaktif. VIII(2), 162-176.
Ismanto, E., & Chintya, E. P. (2017, Nopember). Drill And Practice Model Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Pembentukan Objek Primitif Sederhana Dua Dimensi. Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 01(01), 18-23.
Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & M. B. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.
Ratnawulan, E., & Rusdiana, H. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sabikun, E., & dkk. (2017, September). Multimedia Interaktif Model Drill Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Asmaul Husna. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 389-403.
Saputro, B. (2017). Manajemen Peneltian Pengembangan. Sleman,Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sriadhi. (2019). Instrumen Penilaian Multimedia Pembelajaran. 1-16.
Sugiyono. (2019). Metode peneltian kuantitaf, kualitatif dan R&D (Edisi Kedua ed.). (Sutopo, Ed.) Bandung: Alfabeta.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan (Edisi Pertama ed.). Yogyakarta: UNY Press.
Susilana, R., & Riyana, C. (2016). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Utin, E., Duda, H. J., & Julung, H. (2021, Januari). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Komputer Berbasis Wondershare Quiz Creator. Journal Education and Technology, 1, 1-10.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif (Cetakan Pertama ed.). (D. Febiharsa, Ed.) Jember, Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif.
Wulan, E. R., & Rusdiana, H. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Wulandari, T. Y., Siagian, S., & Sibuea, A. M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, Vol 5 No 2, 195-210.
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v2i2.40584
Article Metrics
Abstract view : 182 timesPDF - 120 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.