PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK INSTALASI LISTRIK
Abstract
Abstract
The purpose of this research is to: (1) This study aims to (1) find out the differences in learning outcomes between the use of the Active knowledge sharing model and the use of the Expository model on smart home material. (2) Knowing the effectiveness of applying the Active knowledge sharing model to smart home material in class XI Electrical Lighting Installation Engineering (TITL) Imelda Medan Private Vocational School. This type of research is a quasy experiment with the Active Knowledge Sharing research model. The results showed: (1) the learning outcomes of the Experiment class with the Active Knowledge Sharing model (mean = 83.3; g = 0.6). Higher than the learning outcomes of the Expository Model Control class (mean = 69.2; g = 0.29). (2) The learning outcomes of the Active Knowledge Sharing model (88.57%) are categorized higher than the application of the Expository model (33.3%). Based on the results of the t test from the average value of the posttest obtained t_count is 5.69 and t_table is 2.016692199. Based on hypothesis testing criteria. It can be seen that t_count ˃ t_table and P value < (0.05). Then the hypothesis testing is concluded with Ho being rejected and Hα being accepted. This means that there is a very significant difference in learning outcomes using Active Knowledge Sharing and using Expository. The effectiveness showed that the number of students who achieved the KKM score in the Active knowledge sharing model class was 23 students (88.57%) in the high category, while in the class using the Expository model the number of students who achieved the KKM score was only 11 students (33.3%) with low category. While the use of the Active knowledge sharing model is more effective than the use of the Expository model.
Key Words: Learning Outcomes, Active Knowledge Sharing Model Exposito Model
Abstrak
Tujuan Penelitian ini untuk: (1) Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara penggunaan model Active knowledge sharing dengan penggunaan model Ekspositori pada materi smart home. (2) Mengetahui efektifitas penerapan model Active knowledge sharing pada materi smart home pada kelas XI Teknik Instalasi Penerangan Listrik (TITL) SMK Swasta Imelda Medan. Jenis penelitian ini adalah quasy Eksperimen dengan model penelitian Active Knowledge Sharing. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar kelas Eksperimen dengan model Active Knowledge Sharing (mean =83,3; g =0,6). Lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas Kontrol model Ekspositori (mean =69,2; g =0,29). (2) Hasil belajar model Active Knowledge Sharing (88,57%) dikategorikan lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan model Ekspositori (33,3%). Berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata posttest diperoleh adalah 5,69 dan adalah 2,016692199. Berdasarkan kriteria uji hipotesis. Dapat dilihat bahwa ˃ dan P value < (0,05). Maka pengujian hipotesis disimpulkan dengan Ho ditolak dan Hα diterima. Artinya ada perbedaan yang sangat signifikan pada hasil belajar dengan menggunakan Active Knowledge Sharing dengan menggunakan Ekspositri. Efektivitas yang menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada kelas model Active knowledge sharing adalah 23 siswa (88,57%) dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas penggunaan model Ekspositori jumlah yang mencapai nilai KKM hanya 11 siswa (33,3%) dengan kategori rendah. Sedangkan penggunaaan model Active knowledge shaing lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan model Ekspositori.
Kata Kunci: Hasil Belajar, model active kknowledge sharing model Eksposito
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: PT. Rineka Cipta. Edisi Revisi V Cet. Ke-12
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
Amnesti, Yesi. (2013). Penerapan metode Active knowledge sharing untuk meningkatkan Motivasi belajar. Surakarta: Skripsi FKIP UMS (tidak diterbitkan)
Ainy. (2012). Strategi pembelajaran Active knowledge sharing. (ainyq.blogspot.com/2012/01/strategi-pembelajaran.html) di akses 19 Maret 2022
Agustina (2011). Upaya meningkatkan kemampuan afektifan siswa melalui penggunaan strategi Active knowledge sharing disertai modul penelitian pada sub Bab pokok bahasan zygomicotina siswa kelas X-1 SMA Negeri 3 surakarta T.P 2010/2011. Skripsi
Depdikbud, (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Hakim Thursan (2008) belajar secara afektif volume 1 Niaga Swadayahttps://www.google.co.id/books/edition/Belajar_secara_Efektif/-cMn5UtUwjAC?hl=id&gbpv=0(di akses 19 Maret 2022)
Hisyam Zaini. (2008). Srategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.
Julia (2013). Penerapan strategi pembelajaran Actie knowledge sharing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kelas XII 1 SMA Negeri 3 surakarta
Melvin L. Siberman. (2014). Active Learning; 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendeki
Rikianto (2013). Strategi belajar Actie knowledge sharing. (Rikiantobaeng. Blogspot.com/2013/05/strategi-belajar-active-knowledge.html) di akses 19 Maret 2022
Rhofiki (2009) Prinsip pembelajaran Actie knowledge sharing Jakarta:Rineka Cipta.
Sanjaya. (2011). Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sholehudin. (2013). Perbedaan hasil pembelajaran dengan active learning (Active knowledge sharing) dan model pembelajaran langsung pada program keahlian teknik instalasi tenaga listrik penerangan di SMKN Surabaya UDINESE. VOL.2 No.1. ISSN 2252-5149
Silberman, Mel. (2010). 101 Cara Pelatihan & Pembelajaran Aktif. Jakarta: Index
Silberman, Mel. (2010). Active learning strategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: insan madani
Sutaryo. (2008). Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Bondowoso: KGPAI Kabupaten Bondowoso.
Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Surya Dharma. (2005). Manajemen Kinerja: Falsafah Teori dan Penerapannya. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Surya Dharma. (2009). Manajemen Kinerja: Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaiful bahri dan Zain, Aswan. strategi belajar mengajar. (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2014)
Yulaelawati, Ella. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pakar Raya.
Zaini. (2007). Srategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri
DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v3i1.49457
Article Metrics
Abstract view : 114 timesPDF - 157 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.