PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ADOBE FLASH ANIMATE PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TITL DI SMK DWIWARNA MEDAN

Daniel Fransisco Silitonga, Baharuddin .

Abstract


Abstract

This study aims to determine the effectiveness of the development of students learning the basics of electricity and electronics without using animation learning media based on Adobe Flash Animate with students learning the basics of electricity and electronics using animation learning media based on Adobe Flash Animate in class X TITL SMK Medan bicolor. The research was conducted on class X TITL students at SMK Dwiwarna Medan. The focus of this study was on class X TITL with a student population of 10 students. This research is a research and development model (Research and Development). The results of the Adobe Flash Animate-based Animation Learning Media study using the Four-D development were declared valid. The level of validity of animated learning media as a learning medium for the basics of electricity and electronics is based on the assessment: 1) Material expert 1 obtains a score percentage of 78% with a valid assessment. 2) Material experts 2 get a score percentage of 94.23% with a very valid assessment. 3) Media Expert 1 obtains a score percentage of 84.37% with a valid assessment. 4) Media Expert 2 obtains a score percentage of 79.68% with a valid assessment. Assessment of the validity of the media from students obtained through product trials in small groups, namely obtaining a score percentage of 73.88% with valid assessment criteria and use trials in large groups obtained a score percentage of 88.05% with very valid assessment criteria, then the increase obtained was 14.17%.

 

Key Words: Development, Learning Media, Video Animation

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan perkembangan siswa belajar dasar-dasar listrik dan elektronika tanpa menggunakan media pembelajaran animasi berbasis Adobe Flash Animate dengan siswa yang belajar dasar-dasar listrik dan elektronika menggunakan media pembelajaran animasi berbasis Adobe Flash Animate pada siswa kelas X TITL SMK Dwiwarna Medan. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X TITL SMK Dwiwarna Medan. Fokus penelitian ini adalah pada anak kelas X TITL dengan populasi siswa sebanyak 10 siswa. Penelitian ini merupakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil dari penelitian Media Pembelajaran Animasi berbasis Adobe Flash Animate dengan menggunakan pengembangan Four-D dinyatakan valid. Tingkat kevalidan media pembelajaran animasi sebagai media pembelajaran dasar-dasar listrik dan elektronika berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi 1 memperoleh persentasi skor sebesar 78% dengan penilaian valid. 2) Ahli materi 2 memperoleh persetasi skor sebesar 94,23% dengan penilaian sangat valid. 3) Ahli Media 1 memperoleh persetasi skor sebesar 84,37% dengan penilaian valid. 4) Ahli Media 2 memperoleh persetasi skor sebesar 79,68% dengan penilaian valid. Penilaian kevalidan media dari peserta didik yang didapatkan melalui uji coba produk pada kelompok kecil yaitu diperoleh persentase skor sebesar 73,88% dengan kriteriaa penilaian valid dan uji coba pemakaian pada kelompok besar diperoleh persentase skor sebesar 88,05% dengan kriteria penilaian sangat valid, maka kenaikan yang diperoleh sebesar 14,17%.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi


Full Text:

PDF

References


Arif S. Sadiman dkk. (2013). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Azhar

Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Cecep Husatandi dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Leli Achlina, Purnama Suwardi. (2011). Kamus Istilah Pertelevisian.Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Nana Sudjana dan Ahmad Rifa’I. (1989). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka

Ranang A. S., Basnendar H, dan Asmoro N.P. (2010). ANIMASI KARTUN Dari Analog Sampai Digital. Jakarta: Indeks.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan.Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Wina Sanjaya. (2005). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v3i1.49460

Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF - 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot gacor slot