PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN GARDU INDUK KELAS XI TEKNIK JARINGAN TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Daniel Setiawan Limbong, Jongga Manullang

Abstract


Abstract

This research aims to find out how to develop Sparkol Videoscribe based learning media in the class XI substation subject Electrical Power Network Engineering at SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, and find out the level of feasibility of the Sparkol Videoscribe based learning media product in the substation subject in Class XI Engineering Electric Power Network (TJTL) SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. This research is included in Research and Development (R&D) and the model used in this research is the ADDIE model including analysis, design, development, implementation and evaluation. The results of this research are: (1) Making learning video media containing substation material using VideoScribe software, the steps include analyzing student needs and collecting materials for substation subject matter, designing the format and design of learning media products, developing ( making) learning media products according to the design and format that has been designed, assessing the suitability of the media by material experts and media experts, and revising the final product. (2) Feasibility results for Sparkol Videoscribe based learning media include material expert assessment, obtained a score of 4.10 with appropriate criteria, and media expert assessment obtained a value of 4.10 with appropriate criteria..

 

Key Words: Learning Media, Sparkol Videoscribe, Substation

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran Gardu Induk kelas XI Teknik Jaringan Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, dan mengetahui tingkat kelayakan produk Media Pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran Gardu Induk Di Kelas XI Teknik Jaringan Tenaga Listrik (TJTL) SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (R&D) dan model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE meliputi analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini adalah: (1) Pembuatan media video pembelajaran yang berisi materi Gardu Induk menggunakan software VideoScribe, langkah-langkahnya meliputi analisis kebutuhan peserta didik dan mengumpulkan bahan-bahan materi mata pelajaran Gardu Induk, merancang format dan desain produk media pembelajaran, pengembangan (pembuatan) produk media pembelajaran sesuai dengan desain dan format yang sudah dirancang, penilaian kelayakan media oleh ahli materi dan ahli media, dan revisi produk akhir. (2) Hasil Kelayakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe meliputi penilaian ahli materi diperoleh nilai 4,10 dengan kriteria layak, dan penilaian ahli media diperoleh nilai 4,10 dengan kriteria layak.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Gardu Induk

Full Text:

PDF

References


Air, Jon & dkk. 2014. Video Scribing Howw Whiteboard Animation Will Get You Heart. Bristol, UK.: Sparkol Books

A.Pribadi, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat

Arief S Sadiman & dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Branch, Robert M. 2009. Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Erlia Dwi Pratiwi. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika berbasis sparkol Videoscribe pokok bahasan Kinematika Gerak di Perguruan Tinggi,” Skripsi Program Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ilham Musyadat. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X MAN Bangil.” Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Munadi Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Niken Ariani dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prosprektif. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Oemar, Hamalik. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Pribadi.

Rayandra, Asyhara. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Rusman. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Soenarto, Sunaryo. 2012. Media Pembelajaran Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Sriadhi. 2018. Instrumen Penilaian MultimediaPembelajaranv2.0.Diakses5Maret2020.https://www.researchgate.net/publication/334586889_INSTRUMEN_PENILAIAN_MULTIMEDIA_PEMBELAJARAN

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Tri Sutrisno. 2016. Pengembangan Media VideoScribe Berbasisi ELearning pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Viandhika Ditama & dkk. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Menggunakan Program Adobe Flash Untuk Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 4 No. 2

Wandah Wibawanto. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jawa Timur: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Yusup,M.,Aini,Q., & Pertiwi, K.D. 2016. "Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi," Technomedia Journal, Vol 1 No.1 diakses Agustus 20, 2019




DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v3i2.57177

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.