PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BERBASIS CHALLENGE BASED LEARNING (CBL) UNTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK

Bayu Andica Perangin Angin, Dadang Mulyana

Abstract


Abstract

The objectives to be achieved in this research are to find out: (1) Development of digital teaching materials using the Challenge Based Learning learning model as a learning medium. (2) The feasibility and effectiveness of student learning using digital teaching materials. The Challenge Based Learning Model. Research was carried out at the Imelda Private Vocational School, Medan. This research uses research and development methods or better known as Research and Development (R&D). This product development model is a series of procedures to produce learning media for Challenge Based Learning-based learning media applications on understanding Electrical Installation Concepts for secondary vocational students XI Electrical Power Installation. This product development model uses the ADDIE Lee and Owens model. The results of the research show that: The digital teaching materials with the flipbook maker-based Challenge Based Learning learning model that the researchers developed are suitable for use in the learning process. The results obtained from the assessment are: (1) Assessment of digital teaching material and media using the Challenge Based Learning learning model based on the flipbook maker that researchers developed for the "Material" aspect, an assessment score of 89.50% was obtained in the "Very feasible" category and for the "Media" aspect of 86.25% in the "Very feasible" category. (2) Obtaining digital teaching materials using the flipbook maker-based Challenge Based Learning learning model that researchers developed obtained an effectiveness percentage of 80.6% with very effective criteria, and can be used as a model to support learning activities. The content feasibility aspect score is 89.50% and is included in the "Very feasible" criteria.

 

Key Words: Digital teaching materials, challenge based learning, single phase electric lighting installation.

Abstrak

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Pengembangan bahan ajar digital dengan model pembelajaran Challenge Based Learning sebagai media pembelajaran. (2) Kelayakan dan keefektifan belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar digital Model Challenge Based Learning Penelitian dilaksanakan di SMK Swasta Imelda Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development (R&D). Model pengembangan produk ini adalah serangkaian prosedur rangka menghasilkan media pembelajaran aplikasi media pembelajaran learning berbasis Challenge Based Learning pada pemahaman Konsep Instalasi Listrik untuk siswa menengah kejuruan XI Instalasi Tenaga Listrik. Model pengembangan produk ini menggunakan model ADDIE Lee dan Owens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Bahan ajar digital dengan model pembelajaran Challenge Based Learning berbasis flipbook maker yang peneliti kembangkan sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran, didapatkan hasil dari perolehan penilaian yaitu: (1) Penilaian materi dan media bahan ajar digital dengan model pembelajaran Challenge Based Learning berbasis flipbook maker yang peneliti kembangkan untuk aspek “Materi” diperoleh skor penilaian sebesar 89,50% dengan kategori “Sangat layak” dan aspek “Media” sebesar 86,25% dengan kategori “Sangat layak”. (2) Perolehan bahan ajar digital dengan model pembelajaran Challenge Based Learning berbasis flipbook maker yang peneliti kembangkan diperoleh persentase efektifitas sebesar 80,6% dengan kriteria sangat efektif, dan dapat digunakan sebagai model dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Skor aspek kelayakan isi sebesar 89,50% dan termasuk dalam kriteria “Sangat layak”

Kata kunci : Bahan ajar digital, challenge based learning, instalasi penerangan listrik satu fasa


Full Text:

PDF

References


Hardiana, A. T., Wijaya, A. L., & Amah, N. (2019, September). Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi (Vol. 1).

Imansari & Sunaryatiningsih (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbantu Flipbook Pada Mata Kuliah Statistik. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 6(2), 191-195.

Majid, A. (2018). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya..

Nugraha, A., & Subarkah, C. Z. Sari.(2015). Penggunaan e-module pembelajaran pada konsep sifat koligatif larutan untuk mengembangkan literasi kimia siswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 201-204.

Owens, L., & Kadakia, C. (2020). Designing for Modern Learning: Beyond ADDIE and SAM. American Society for Training and Development.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan e- modul berbasis model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran “sistem komputer” untuk siswa kelas x multimedia smk negeri 3 singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(1).

Ratiyani, N. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Dan Teknik Merangkum Terhadap Penalaran Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3).

Setyosari, Punaji (2017). "Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas." Jinotep (jurnal inovasi dan teknologi pembelajaran): kajian dan riset dalam teknologi pembelajaran 1.1, 20-30.

Sofyan, H., & Surjono, H. D. (2017). The determinats of e-learning usage by teachers of vocational high schools in the Yogyakarta Special Region. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 1-13.

Sriadhi, Siregar, Dodi, et al (2018). "Multi-Attribute Decision Making With VIKOR Method For Any Purpose Decision." Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1019. No. 1. IOP Publishing.

Sriadhi, Sriadhi, Harun Sitompul, and Restu Restu (2020). "Pengembangan Web Learning Untuk Mendukung Praktikum Virtual Laboratory." CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) 4.2: 285-290 Sudaryono, Rineka Cipta. "dkk (2020)" Pengembangan Instrumen Penelitrian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, & Rivai (2018). Analisis keterampilan metakognitif pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan melalui model pembelajaran pemecahan masalah. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 3(2), 206-221.

Sugiyono, Yayuk,and Sri (2019). "Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan biaya pendidikan terhadap kualitas proses belajar mengajar dan dampaknya dengan kompetensi lulusan SMK di kabupaten Gunungkidul." Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 7.1, 84-96.

Thalib, M. M., & Munir, A. (2021, April). Pengembangan Bahan Ajar Statistik Deskriptif Dengan Model ADDIE. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Pattimura (Vol. 1, No. 1).

Wasis, Priyanto, Dwi (2019). "Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer." INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 14.1, 92- 110.

Wibawa, J., Hadgraft, J., & Lane, M. E. (2016). A comparative study of the in vitro permeation of ibuprofen in mammalian skin, the PAMPA model and silicone membrane. International Journal of Pharmaceutics, 505(1-2), 14- 19.

Winatha, Suharsono., & Agustin (2018). Peningkatan Literasi Menulis Siswa SMA Prawira Marta Melalui Pendampingan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 80-92.

Yudi, M. B., Sharma, S. K., Tang, G. H., & Kini, A. (2018). Coronary angiography and percutaneous coronary intervention after transcatheter aortic valve replacement. Journal of the American College of Cardiology, 71(12), 1360- 1378.




DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v3i2.57179

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

slot gacor slot