ANALISIS MANAJEMEN BENGKEL SMK DI KOTA MEDAN BERBASIS 5S

Alvyn Zuhri, Nelson Sinaga

Abstract


Abstract

This study aims to determine the application of Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke (5S) in the management of the Electrical Engineering Installation Engineering (TITL) SMK in Medan city.This research uses descriptive qualitative research method. The objects of this research are three TITL practice workshops in different Vocational High Schools, namely: TITL practice workshop at SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, TITL practice workshop at SMK Negeri 2 Medan, and TITL practice workshop at SMK Negeri 5 Medan. Data collection techniques in this study using observation and documents. The data analysis process consists of reducing data, presenting data, concluding and analyzing qualitative data.From the results of research and discussion of the implementation of Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, and Shitsuke in the management of the TITL workshop at SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, it has been carried out very well. This is evident from the average implementation of 5S in the very good category, reaching 82.4%. Meanwhile, the management of the TITL workshop at SMK Negeri 2 Medan has also been carried out well. This is evident from the average implementation of 5S in the good category, reaching 76.4% and for the management of the TITL workshop at SMK Negeri 5 Medan it has also been carried out very well. This is evident from the average implementation of 5S in the very good category, reaching 85.4%..

 

Key Words: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke (5S)

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke (5S) dalam pengelolaan manajemen bengkel keahlian Teknik Instalasi Tenaga listrik (TITL)  SMK di kota Medan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah tiga bengkel praktik TITL di Sekolah Menengah Kejuruan yang berbeda yaitu: bengkel praktik TITL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, bengkel praktik TITL SMK Negeri 2 Medan, dan bengkel praktik TITL SMK Negeri 5 Medan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasidan dokumen. Proses analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, menyimpulkan dan analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian dan pembahasan pelaksanaan Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke dalam pengelolaan  bengkel TITL di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan sudah terlaksana dengan sangat baik. Hal ini terbukti dari rata-rata pelaksanaan 5S dalam kategori sangat baik yaitu mencapai 82,4%. Sedangkan dalam pengelolaan bengkel TITL di SMK Negeri 2 Medan juga sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terbukti dari rata-rata pelaksanaan 5S dalam kategori baik yaitu mencapai 76,4% dan untuk pengelolaan bengkel TITL di SMK Negeri 5 Medan juga sudah terlaksana dengan sangat baik. Hal ini terbukti dari rata-rata pelaksanaan 5S dalam kategori sangat baik yaitu mencapai 85,4%.

 

Kata kunci : Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke (5S)


Full Text:

PDF

References


Anjarsari, R. (2016). Penerapan Prinsip Kerja Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin (5R) Pada Bengkel Praktik Program Keahlian Teknik Otomotif. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 12(1).

Asri, Sarwi. "Optimalisasi Budaya Kerja 5S dan Standar Operasional Prosedur Praktikum." JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional) 7.1 (2021): 1-7.

Hani Handoko. (2009). Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Hasibuan, S.P. 2009. Manajemen Dasar,Pengertian, Dan Masalah. Jakarta:Bumi Aksara.

Hegde1,H. G., Mahesh, N. S., &Doss,Kishan. (2009). “OverallEquipment EffectivenessImprovement byTPM and 5STechniques in a CNC MachineShop”. Journal of Engineeringand ManufacturingManagement”.9 (8), 25-32

Hernawan, D. (2018).Analisis Manajemen Bengkel Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ma’arif 1 Wates.

Ima ismara dan Eko Prianto. (2017). Bagaimanakah Agar Laboratorium dan Bengkel Pendidikan Vokasi Menjadi NYAMAN, SELAMAT dan SEHAT ?. Yogyakarta: UNY Press.

Imai, Masaaki. (1998). Gemba Kaizen: Pendekatan akal sehat, berbiaya rendah pada managemen. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Ismara,ima, dkk.2021.NORMA & STANDAR LABORATORIUM/BENGKEL SMK.Jakarta,DIREKTORAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN VOKASI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2021

Jahja, Kristanto. (2009). Seri Budaya Unggulan 5R (Ringkas, Rapi,Resik, Rawat, Rajin), 3th ed.Jakarta: Productivity and Quality Management Consultans

Joko,Agus.2016.”Panduan 5s di Bengkel Sekolah” https://www.slideshare.net/agusjoko9237/panduan-5-s-di-bengkel-sekolah, diakses pada 25 Novemberi 2021 pukul 16.17.

Kartika, Hayu. (2011). Analisa Pengaruh Sikap Kerja 5S dan Faktor Penghambat Penerapan 5S terhadap Efektivitas Kerja Departemen Produksi di Perusahaan




DOI: https://doi.org/10.24114/jevte.v3i2.57184

Article Metrics

Abstract view : 64 times
PDF - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.