AUTHOR GUIDELINES

PANDUAN PENULISAN JGK (JURNAL GURU KITA):

  1. Artikel yang ditulis untuk jurnal mencakup Sektor Pendidikan, yang berhubungan dengan pembelajaran, hasil penelitian, dan pengabdian masyarakat. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, berukuran 12 poin, dengan spasi 1,15; dicetak pada kertas A4 dengan panjang maksimum 15 halaman, Margin: Top 3, kiri 4, bawah 3, kanan 3 dan diserahkan dalam bentuk cetak-keluar dari 1 salinan bersama dengan soft copy. Pengiriman naskah juga bisa dilakukan sebagai lampiran e-mail ke alamat: jurnalgurukita@unimed.ac.id
  2. Artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Sistematika artikel adalah: judul, nama penulis, institusi penulis, email, abstrak bersama dengan kata kunci, pendahuluan, metode, diskusi, kesimpulan, dan daftar referensi.
  3. Judul artikel tidak boleh lebih dari 15 kata. Judulnya dicetak dengan huruf kapital berbentuk piramida terbalik dan terletak di tengah, dengan ukuran font 12 pts.
  4. Nama penulis artikel ini dimasukkan tanpa gelar akademik, disertai oleh lembaga asal dan alamat email, dan ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam kasus naskah yang ditulis oleh tim, editor hanya berurusan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pertama. Penulis utama harus menyertakan e-mail (e-mail).
  5. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Times New Roman letters, berukuran 10 poin, dengan spasi 1. Panjang setiap abstrak maksimum 100 kata, sedangkan jumlah kata kunci adalah 3-5 kata. Abstrak berisi tujuan, metode, dan diskusi singkat.
  6. Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil tinjauan literatur, dan tujuan penelitian. Semua bagian pengantar disajikan dalam bentuk yang terintegrasi dalam paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.
  7. Bagian metode berisi paragraf dalam bentuk desain penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang mengandung 10-15% dari total panjang artikel.
  8. Bagian isi berisi hasil analisis, penyajian studi material dan perbandingan.
  9. Bagian kesimpulan berisi temuan penelitian dalam bentuk jawaban atas pertanyaan penelitian atau dalam bentuk esensi dari hasil diskusi. Kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf.
  10. Daftar rujukan hanya berisi sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus terdaftar dalam daftar rujukan. Sumber referensi setidaknya 80% dalam bentuk perpustakaan publikasi dalam 10 tahun terakhir. Referensi yang digunakan adalah sumber buku, internet, artikel penelitian di jurnal atau laporan penelitian (termasuk tesis, tesis, disertasi). Artikel yang dimuat dalam jurnal ini direkomendasikan untuk digunakan sebagai referensi.
  11. Referral dan mengutip menggunakan teknik rujukan yang dikurung (nama belakang, tahun). Pencantuman sumber dalam kutipan langsung harus disertai dengan deskripsi nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh (Davis, 2003: 47).
  12. Daftar referensi disiapkan dengan cara yang mirip dengan contoh berikut dan diurutkan berdasarkan abjad dan kronologis.

Buku:

Halimatussakdiah. 2014. Indonesian Language Learning in Low Class. Medan: Unimed Press.

Kumpulan Artikel Buku:

Sidabutar and Halimatussakdiah (Eds.). 2013. Proceedings of the Workshop on Increasing Students' Ability to Design, Implement and Report Character Building Scientific Work (1st Edition, 1st print). Medan: Unimed Press.

Artikel dalam buku koleksi:

Halimatussakdiah. 2013. Indonesian Language and Character Education. (Eds). Proceedings of the Workshop on Increasing Students' Ability to Design, Implement and Report Character Building Scientific Work (pp. 5-10). Medan: Unimed Press.

Artikel dalam jurnal:

Prawijaya, Septian. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Flash Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Sub Materi Pokok Pengukuran. INPAFI Journal, Vol. 5 (3), 2018. Universitas Negeri Medan.

Gandamana, Apiek. 2015. Teacher Professional Development Strategy as an Effort to Build a Moral and Characteristic Nation (Jurnal Handayani Vol 4 No. 1): State University of Medan.

Dokumen Resmi:

Ministry of National Education. 2011. Guidelines for the Management of Sustainable Professional Development (PKB). Jakarta: Ministry of National Education.

Republic of Indonesia Law Number 2 concerning the National Education System. 2010. Jakarta: PT. Armas Duta Jaya.

Buku Terjemahan:

Creswell, John. 2015. Educational Research: Planning, Implementation, and Evaluation of Qualitative and Quantitative Research. Translation by Helly P.Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto, 2015. Surabaya: National Library. Results, Thesis, Thesis, Dissertation Report.

Halimatussakdiah and Khairul Anwar. 2016. IbM Assistance for Fulfillment of Teacher Performance Assessment (PKG) for SDN Teachers. 101801 and SDN. 108075 Deli Tua Subdistrict, Deli Serdang Regency. Report on Community Service Results. Medan: LPM Medan State University. Seminar, workshop, upgrading papers.

Masri, Laurensia. 2016. Teacher Professional Development Strategy as an Effort to Build a Moral and Characteristic Nation. Medan: Konaspi. Internet (articles in online journals): Faisal. Answer Dinam.