Pengaruh Penambahan Tepung Ubi Ungu (Ipomoea Batatas) Pada Pembuatan Cone Es Krim Terhadap Daya Terima Konsumen

Khonsa Salsabila Athifah, Sachriani Sachriani, I Gusti Ayu Ngurah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan tepung ubi ungu pada pembuatan cone es krim terhadap daya terima konsumen. Penelitian dilakukan di laboratorium pengolahan Roti dan Kue Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian diawali dengan pembuatan tepung ubi ungu dengan waktu pengeringan 12 jam dengan suhu 400c-600c menggunakan oven. Pada penelitian ini penambahan tepung ubi ungu dapat digunakan dalam adonan cone es krim dengan persentase 20%, 30%, dan 40%. Penilaian uji daya terima konsumen dilakukan kepada 3 panelis ahli (Dosen Pendidikan Tata Boga), dan 30 panelis tidak terlatih untuk menilai cone es krim penambahan tepung ungu meliputi aspek warna, aroma, tekstur, dan rasa. Hasil yang diperoleh daril hasil uji validasi dan uji organoleptik dengan daya terima konsumen, cone es krim dengan rata-rata tertinggi pada aspek warna (4,03), aroma (4,12), tekstur (4,17), rasa ubi (3,63), rasa manis (3,97) yang berada pada kategori suka. Hasil daya terima konsumen dengan uji friedman menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan pada aspek warna, aroma, tekstur, dan rasa sehingga tidak perlu melanjutkan uji tuckey. Cone es krim penambahan tepung ubi ungu pada uji fisik dengan perlakuan 20%, 30%, dan 40% memiliki waktu ketahanan terhadap es krim selama 120 menit. Dengan demikian cone es krim penambahan tepung ubi ungu terbaik dan banyak disukai oleh konsumen adalah 20%. Maka peneliti menyarankan penggunaan tepung ubi ungu pada pembuatan cone es krim sebanyak 20%.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alsuhendra, & Ridawati. (2008). Prinsip Analisis Zat Gizi dan Penilaian Organoleptik Bahan Makanan. Universitas Negri Jakarta, 25.

Ambarsari, Sarjana, & Choliq. (2009). Rekomendasi dalam penetapan standar mutu tepung ubi jalar. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Jawa Tengah.

Antarlina, & Utomo. (1999). Proses pebuatan dan penggunaan tepung ubi jalar untuk produk pangan (Edisi khus).

Apriliani I, K. (2010). Pemanfaatan Tepung Tulang Ikan Patin (Pangasius Hypopthalamus) Pada Pembuatan cone Es Krim. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Institut Peranian Bogor, 60–63.

Aprilliasa. 2017. http://m.teen.co.id/. Perbedaan Sugar Cone, Waffle Cone, dan Cake Cone Sebagai Wadah Es Krim.

Christiana, A. ., & Wisti. (2011). Pembuatan Kue Kering Dengan tepung ubi ungu (Ipomea Batatas Poiret). 18.

Murtiyaningsih, & Suyanti. (2011). Membuat Tepung Umbi dan Variasi Olahannya. Agro Media Pustaka.

Natalia, L., Semangun, H., & Prasetyo, B. (2006). Karakteristik antosianin sebagai pewarna alami. Harborne 2005, 2005–2008.

Nida El Husna, D. (2013). Kandungan Antosianin Dan Aktivitas Antioksidan Ubi Jalar Ungu Segar Dan Produk Olahannya. Jurnal Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, 297.

Permana, A. J. (2012). Fortifikasi Tepung Cangkang Udang Sebagai Sumber Kalsium Terhadap Tingkat Kesukaan cone Es Krim. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 3, 29–39.

Prayoga, R., Loekmana, R., & Sumarto. (2015). Studi Penerimaan Konsumen Terhadap cone Es Krim Dengan Penambahan Tepung Cangkang Ranjungan (Portunus Pelagicus). Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 1–13.

Prihastuti, A. (2004). Pengaruh Penambahan Tepung Keragenan terhadap Karakterisik Mutu dan Daya Tahan cone Es Krim. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Institut Peranian Bogor, 35–58.

Puspawati, N. . dkk. (2016). Intoduksi Pengolahan Ubi Jalar Ungu (Ipomea Batatas Poitret) Menjadi Bakpia Di Desa Negari Kecamatan Bajarangkan Kabupaten Klungkung. Udayana Mengabdi, 15, 230.

Richaya, N. (2012). Ubi Kayu dan Ubi Jalar : Bitani, Budidaya, Teknologi Proses, Teknologi Pasca Panen. Nuansa Cendikiawa. Bandung.

Suprapti, L. (2003). Tepung ubi jalar pembuatan dan pemanfaatan. Kanisius. Yogyakarta.

Utama, D. S. 2014. Pembuatan Edible Tray Berbahan Dasar Tepung-Tepungan Lokal. (Skripsi). Fakultas Teknologi Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Winarno. F.G. (1997). Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Winarno. (2004). Kimia Pangan dan Gizi. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgpkm.v2i1.35029

Article Metrics

Abstract view : 288 times
PDF - 464 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANDALIMAN : JURNAL GIZI PANGAN, KLINIK DAN MASYARAKAT (JGPKM)

Alamat : Jalan Willem Iskandar Pasar V, Medan

Sumatera Utara, Indonesia

Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgpkm