Hubungan Pengetahuan Terkait Anemia Dengan Status Gizi Pada Mahasiswi Universitas Negeri Medan

Putri Faizah, Atika Rahmadhani Putri, Atika Rahmadhani Putri, Faqilah Fadiyah Fatah, Faqilah Fadiyah Fatah, Jecika Destari Natalia, Jecika Destari Natalia

Abstract


Anemia merupakan suatu kondisi menurunnya kadar hemoglobin dalam darah lebih rendah dari normal. Hemoglobin adalah salah satu komponen  didalam sel darah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru paru keseluruh jaringan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan terkait anemia dengan status gizi pada Mahasiswi Universitas Negeri Medan. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional study. Subjek penlitian sebanyak 45 mahasiswi yang dipilih dengan metode simple random sampling. Untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan variabel dependen yaitu pengetahuan terkait anemia dengan status gizi maka digunakan uji Fisher.  Hasil penelitian  menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan terkait anemia dengan status gizi mahasiswi UNIMED dengan nilai   p value 0,015. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan terkait anemia dengan status gizi pada mahasiswi Universitas Negeri Medan

Full Text:

PDF

References


Adriani, M., & Wirjatmadi, B. (2016). Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Prenadamedia.

Arumsari, E. (2008). Faktor resiko anemia pada remaja putri peserta program pencegahan dan penanggulangan anemia gizi besi (PPAGB) di kota Bekasi. Skripsi.

Dieniyah, P., Sari, M. M., & Avianti, I. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri di SMK Analisisi Kimia Nusa Bangsa Kota Bogot Tahun 2018. Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(2), 151–158.

Fairuza, F. (2018). Hubungan Pengetahuan, Sikap, Status Gizi Dan Frekuensi Makan Dengan Anemia Pada Remaja Putri Di Akademi Kebidanan Salsabila Serang. Jurnal Ilmiah Kesehatan Delima, 2(2), 34–42.

Hasyim, A. N., Mutalazimah, M., & Muwakhidah, M. (2018). Pengetahuan Risiko, Perilaku Pencegahan Anemia dan Kadar Hemoglobin pada Remaja Putri. Media Publikasi Penelitian, 15(2), 28–33.

Kusmiran, E. (2016). Kesehatan reproduksi remaja dan wanita. Salemba Medka.

Kuswarini, D. I. F. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Dengan Angka Kejadian Anemia Gizi Besi Pada Mahasiswi. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 89–98.

Mutemmainna. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Kejadian Anemia Pada Siswa Siswi Di SMA Muhammadiyah Lubuk Pakam. Skripsi.

Pantaleon, M. G. (2019). Hubungan Pengetahuan Gizi dan Kebiasaan Makan dengan Status Gizi Remaja Putri di SMA Negeri II Kota Kupang. CHMK Health Journal, 3(September), 69–76.

Rusman, A. D. P. (2018). Pola Makan Dan Kejadian Anemia Pada Mahasiswi Yang Tinggal Di Kos-Kosan. Jrmal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(2), 144–151.

Tepriandy, S., & Rochadi, R. K. (2021). Hubungan pengetahuan dan sikap dengan status gizi siswa MAN Medan pada masa pandemi COVID-19. Tropical Public Health Journal, 1, 43–49.




DOI: https://doi.org/10.24114/jgpkm.v2i1.37223

Article Metrics

Abstract view : 293 times
PDF - 382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL ANDALIMAN : JURNAL GIZI PANGAN, KLINIK DAN MASYARAKAT (JGPKM)

Alamat : Jalan Willem Iskandar Pasar V, Medan

Sumatera Utara, Indonesia

Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgpkm