MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK MELINGKAR SISWA MALALUI METODE DISCOVERY

Renni Ria Ritha Simarmata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa tentang gerak melingkar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMAN 1 Hamparan Perak yang berjumlah 36 orang. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain model Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengetahui pengetahuan konseptual dan observasi untuk mengetahui perubahan yang terjadi sesuai dengan yang dikehendaki pada saat dilakukannya tindakan. Adapun cara  menganalisis data adalah dengan menggunakan analisis data presentase. Adapun kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian adalah pembelajaran Fisika dengan menggunakan metode Discovery (penemuan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, dengan menggunakan metode Discovery dapat meningkatkan keterampilan siswa untuk menemukan sendiri apa yang dipelajarinya sehingga mudah diingat oleh siswa dan mempengaruhi hasil belajarnya

Keywords


Metode Discovery, Pemahaman Konsep, Gerak Melingkar

Full Text:

PDF

References


Dewi, Rosmala, 2010. Profesionalisasi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Hamparan Perak : Pasca Sarjana Unimed.

Hamdani, M.A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : C.V Pustaka Setia

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta ; PT Raja Grafindo.

Sudjana, nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian:Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryosubroto, 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Trianto, M.Pd. 2010. Model Pembelajaran Terpadu .Jakarta : Bumi Aksara

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i3.15388

Article Metrics

Abstract view : 280 times
PDF - 238 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter