IDENTIFIKASI HUBUNGAN ANTARA TIPE JALAN DENGAN TIPE PENANGAN DENGAN METODE ANALISIS CROSS TABS-CONTINGENCY COEFFISIENT UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KECELAKAAN PADA TITIK RAWAN

Madyaswanto Budi Wicaksono, Olnes Yosefa Hutajulu, Siti Zulfa Yuzni

Abstract


Kecelakaan merupakan masalah utama yang dijumpai pada penggunaan jalan raya. Menurut data Badan Pusat Statistik, diketahui sejak tahun 2017 hingga 2019 terjadi peningkatan jumlah kecelakaan di Indonesia. Faktor utama penyebab terjadinya kecelakaan adalah adanya titik rawan kecelakaan atau black spot yaitu lokasi-lokasi dimana sering terjadi pengendara mengalami kecelakaan. Pada penelitian ini akan dilakukan identifikasi titik-titik rawan yang terdapat di jalan raya berdasarkan tipe jalan, tipe simpang, orpit jembatan, alinemen horizontal, alinemen vertikal dan potensi bahaya. Berdasarkan pemeringkatan tersebut akan diterapkan tipe penanganan yang sesuai. Agar tingkat kecelakaan dapat ditekan atau dikurangi, maka perlu diterapkan tipe penangan yang tepat sehingga dapat meminimalisir potensi kecelakaan pada tipe lokasi yang memiliki potensi titik-titik rawan kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara tipe jalan Analisis hubungan antara tipe lokasi dan tipe penanganan tersebut dilakukan berdasarkan analisis Cross Tabs dengan Contigency Coefficient. Berdasarkan hasil analisis dengna Cross Tabs dengan Cotigency Coeficient yang telah dilakukan, terlihat bahwa terdapat hubungan antara penanganan marka 0,024 dengan added value 0,152, penanganan road stud 0,010 dengan added value 0,169, penanganan guardrail 0,0001 dengan added value 0,244. Terdapat hubungan antara tipe jalan dengan tipe penanganan guardrail 0,045 dengan added value 0,138. Terdapat hubungan antara oprit jembatan dengan tipe penanganan geometri 0.0001 dengan added value 0,181. Terdapat hubungan antara alinemen horizontal dengan tipe penanganan marka 0.009 dengan added value 0,145 dan tipe penanganan road stud 0,0001 dengan added value 0.238. Terdapat hubungan antara jumlah hazard tipikal dengan tipe pengananan road stud sebesar 0.016 dengan added value 0.190. Sedangkan untuk alinemen vertikal dengan tipe penanganan. Berdasarkan hasil kesimpulan ini ditemukan bahwa hasil hubungan antara tipe jalan dengan tipe penanganan namun tingkat hubungannya masih rendah.

Keyword: Titik rawan kecelakaan, tipe jalan, cross tabs, contigency coefficient, tipe penanganan

Full Text:

172-177 PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jip.v3i2.37686

Article Metrics

Abstract view : 57 times
172-177 PDF - 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.








Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur
Fakultas Teknik-Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kotak Pos 1589, Kode Pos 20221
Telp. (061) 6613365, Fax. (061) 6614002 / 6613319
E-mail : jip_ppi@unimed.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.